Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pascagempa Hari Ini, Bali Aman Dikunjungi...

Kompas.com - 16/07/2019, 20:08 WIB
Nur Rohmi Aida,
Wahyu Adityo Prodjo

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Bali diguncang gempa hari ini Selasa (16/07/2019) pagi. Sebanyak 9 gempa susulan terjadi setelah gempa bumi magnitudo 6,0 yang kemudian dimutakhirkan menjadi magnitudo 5,8.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pariwisata Bali, Putu Astawa Kadispar Bali kepada KompasTravel saat dihubungi Selasa (16/07/2019) pukul 17.29 WIB menyebut, Bali aman dikunjungi.

“Bali aman dikunjungi, Mbak," ujarnya.

Putu juga menyebut sampai saat ini, Selasa (16/07/2019) pukul 17.29 WIB, tidak ada turis yang mengalami luka-luka akibat gempa yang terjadi.

Berdasarkan informasinya, gempa yang terjadi juga tidak mempengaruhi aktivitas pariwisata,

“Kejadian gempa dimaksud tidak menganggu aktivitas pariwisata demikian juga aktivitas bandara juga berjalan normal,” ujar Putu.

Ia juga menambahkan tidak terjadi kerusakan signifikan pada fasilitas publik. Saat ini pihaknya juga tengah menyiapkan antisipasi apabila terjadi gempa susulan.

“Kami juga sudah kerjasama dengan crisis center stakeholder pariwisata dan Badan Penanggulangan bencana Daerah Provinsi Bali,” tuturnya.

Melansir Kompas.com (16/07/2019), Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Rahmat Triyono mengatakan, gempa susulan terjadi dengan besaran magnitudo berbeda-beda.

Pusat gempa berlokasi di laut berjarak 80 kilometer arah selatan Kota Negara, Kabupaten Jembrana, Provinsi Bali, dengan kedalaman 104 kilometer.

Rahmat menjelaskan, gempa bumi terjadi karena adanya aktivitas subduksi Lempeng Indonesia-Australia yang menyusup ke bawah Lempeng Eurasia.

 

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com