5 Tips Berwisata ke Daerah Bersuhu Dingin seperti Dieng atau Bandung

Kompas.com - 17/07/2019, 18:09 WIB
Wisatawan Menikmati Embun Es Dieng Kompas.com/Nur Rohmi AidaWisatawan Menikmati Embun Es Dieng

JAKARTA, KOMPAS.com - Suhu dingin di Lembang, Jawa Barat, yang mencapai 13 derajat celcius pada Rabu (17/7/2019) jadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Suhu rendah tersebut mengingatkan akan wisata ke negara yang memiliki musim dingin.

Tentunya perlu persiapan khusus bagi Kamu yang ingin wisata ke daerah dengan suhu dingin seperti Lembang, Jawa Barat atau Dieng, Jawa Tengah. Selain itu juga ada berbagai upaya yang dilakukan untuk membuat tubuh tetap hangat selama berwisata.

Berikut tips wisata ke daerah bersuhu dingin:

1. Bawa jaket tebal

Bawalah jaket dengan ketebalan yang cukup, kalau bisa yang tahan air sehingga membuat suhu tubuh tetap terjaga. Jika benar-benar tidak kuat dingin, membawa sarung tangan, syal, topi, dan penutup telinga dapat melindungi tubuh dari suhu dingin.

2. Gunakan alas kaki yang tepat

Hindari menggunakan sandal model terbuka. Pakailah sepatu dengan kaos kaki tebal di dalamnya. Sepatu anti air juga lebih baik, sebab ketika hujan atau terkena air, tidak meresap masuk ke kaos kaki dan membuat kaki jadi basah.

3. Reservasi akomodasi sebelum berangkat

Pastikan untuk memesan akomodasi sebelum berangkat. Sebab fenomena suhu dingin ini menarik bagi banyak wisatawan Indonesia sehingga akomodasi di sekitar tempat wisata sering penuh.

4. Cari makanan hangat

Jangan menahan rasa lapar saat berwisata ke daerah dengan suhu dingin. Makanan dapat membantu tubuh untuk mempertahankan suhu, carilah makanan hangat yang cocok disantap di cuaca dingin.

5. Siapkan obat obatan dan vitamin

Siapakan obat-obatan terutama jika berwisata membawa anak-anak, vitamin untuk menjaga daya tahan tubuh juga dapat dibawa saat berwisata. Sebab pada keseharian suhu di Indonesia terbilang hangat, saat berada di suhu dingin tubuh butuh waktu untuk beradaptasi.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X