FOTO: 6 Foto Gunung Rinjani, Salah Satu Gunung Tertinggi di Indonesia

Kompas.com - 17/07/2019, 22:05 WIB
Segara Anak dan Gunung Baru Jari di Gunung Rinjani. Sementara di ufuk barat, tampak atap tertinggi Pulau Dewata, yakni Gunung Agung. KOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYASegara Anak dan Gunung Baru Jari di Gunung Rinjani. Sementara di ufuk barat, tampak atap tertinggi Pulau Dewata, yakni Gunung Agung.

KOMPAS.com – Usai gempa bumi melanda Lombok pada pertengahan tahun 2018 silam membuat aktivitas pendakian Gunung Rinjani sempat terhenti.

Alasan keamanan karena banyak longsoran membuat pendakian Rinjani ditutup untuk waktu yang cukup lama.

Namun seiring waktu, pendakian ke gunung setinggi 3.726 meter di atas permukaan laut (mdpl) itu kembali dibuka pada Jumat (14/06/2019) lalu.

Meski pendaki dilarang ke puncak atau Segara Anak, Gunung Rinjani tetaplah menawan.

Baca juga: FOTO: 7 Potret Indahnya Mendaki Gunung Sindoro via Tambi

Berikut enam potret keindahan yang tersaji di kawasan Plawangan Sembalun Gunung Rinjadi sebagai salah satu gunung tertinggi di Indonesia setelah Gunung Carstensz, Papua.

1. Matahari terbit yang begitu memesona

Saat mendaki gunung, melihat matahari terbit biasanya merupakan salah satu tujuan para pendaki saat mendaki gunung. Matahari terbit khususnya tersaji di area kemah yang sisi timurnya merupakan pemandangan terbuka.

Matahari terbit dilihat dari Plawangan Sembalun Gunung Rinjani.KOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYA Matahari terbit dilihat dari Plawangan Sembalun Gunung Rinjani.
Sunrise pun turut bisa disaksikan di Plawangan Sembalun Gunung Rinjani. Dari sana, tampak pula bentang Pulau Lombok sebelah timur yang dikelilingi oleh lautan. Matahari tidak terbit dari cakrawala, melainkan dari pegunungan yang ada di Pulau Sumbawa.

Baca juga: 6 Gunung di Jawa Tengah yang Cocok untuk Pendaki Pemula

Saat ini kemungkinan atraksi inilah yang bisa dinikmati pendaki di Plawangan Sembalun. Biasanya pendaki bermalam di sini dan melanjutkan perjalanan ke puncak pada dini hari.

Kemudian menikmati sunrise di puncak, sebelum gempa lombok pertengahan 2018 lalu.

2. Puncak Gunung Rinjani dari Plawangan Sembalun

Saat hari sudah cerah, maka pemandangan di sekitar Plawangan Sembalun akan terlihat jelas.

Selain pemandangan dari ketinggian yang memukau, puncak Rinjani juga akan terlihat dari Plawangan Sembalun di sisi tenggara.

Puncak Gunung Rinjani dilihat dari Plawangan Sembalun.KOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYA Puncak Gunung Rinjani dilihat dari Plawangan Sembalun.
Bahkan, jalan ke puncak turut terlihat. Biasanya pendaki yang hendak ke puncak saat sampai ke Plawangan Sembalun pada sore hari akan semakin terlecut semangatnya untuk bisa sampai ke puncak tersebut.

Baca juga: Catatan Panduan Mendaki Gunung Sindoro via Tambi (1)

Namun, kini pendakian menuju Puncak Gunung Rinjani tidak diperbolehkan karena ada beberapa jalurnya yang longsor.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X