Rute Favorit Penumpang Kapal Pesiar Sungai dan Harga Paketnya

Kompas.com - 18/07/2019, 15:10 WIB
Kapal pesiar sungai Avalon Waterways. Dok. Travel WeeklyKapal pesiar sungai Avalon Waterways.

JAKARTA, KOMPAS.com - Plesir dengan kapal pesiar semakin dikenal oleh masyarakat Indonesia. Uniknya kapal pesiar sendiri tak hanya mengarungi laut, ada pula kapal pesiar yang mengarungi sungai.

Kapal pesiar sungai memiliki banyak rute, khususnya di sungai-sungai besar Eropa. Iini juga menjadi cara baru menelusuri beberapa negara di Eropa sekaligus lewat jalur air.

"Selama ini yang masih jadi favorit itu rute Barat dan Timur Eropa," jelas Operation Manager Avalon Waterways, Melania Sugeng ditemui di acara jumpa pers salah satu opertor kapal pesiar sungai Avalon Waterways, di Harris Vertu Harmoni, Jakarta, Selasa (16/7/2019).

Baca juga: Perbedaan Kapal Pesiar Sungai dan Kapal Pesiar Laut

Pada bagian Barat Eropa Sungai Rhone dan Rhine masih menjadi rute favorit penumpang kapal pesiar. Rhone berfokus pada daerah di Perancis, sedangkan Rhine berfokus pada Jerman dan Belanda.

Sedangkan pada bagian Timur Eropa ada Sungai Danube yang mengarungi daerah Budapest dan Austria.

Selain rute di Eropa, Avalon Waterways juga memiliki rute Sungai Mekong yang mengarungi Vietnam. Namun Melania menyebutkan orang Indonesia masih lebih menyukai rute sungai-sungai di Eropa untuk mencari sensasi libur yang berbeda.

Lama perjalanan dengan kapal pesiar sungai ini terbilang beragam. Mulai dari pilihan tiga hari sampai 14 hari. Melania menyebutkan paket perjalanan tujuh hari paling diminati.

Baca juga: Apa Kelebihan Liburan Naik Kapal Pesiar?

Berbeda dengan kapal pesiar laut, penumpang kapal pesiar sungai banyak menghabiskan waktu di darat. Berkeliling mengunjungi kota atau desa yang dilewati oleh kapal pesiar dengan pemandu lokal yang telah disiapkan.

Di kapal, penumpang memiliki kamar tersendiri dan disajikan makanan sehari tiga kali lengkap dengan camilan dan sesi minum teh.

Harga paket per orang untuk kapal pesiar sungai dari Avalon Waterways mulai dari 400 dollar AS per malam atau setara Rp 5,5 juta.

Pasar penumpang kapal pesiar sungai sendiri adalah wisatawan pasangan dengan usia matang yang gemar akan wisata sejarah dan budaya yang lebih santai dan privat, jadi tak heran harganya terbilang lebih tinggi jika dibanding paket kapal pesiar laut.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X