Festival Toboali City On Fire Kembali Digelar 25-28 Juli

Kompas.com - 18/07/2019, 20:06 WIB
Tradisi Nganggung Dulang masyarakat Toboali, Bangka Selatan, Bangka Belitung seusai Toboali Fashion Carnaval 2017 di Rumah Dinas Bupati Bangka Selatan di Toboali, Minggu (30/7/2017).KOMPAS.COM/WAHYU ADITYO PRODJO Tradisi Nganggung Dulang masyarakat Toboali, Bangka Selatan, Bangka Belitung seusai Toboali Fashion Carnaval 2017 di Rumah Dinas Bupati Bangka Selatan di Toboali, Minggu (30/7/2017).

JAKARTA, KOMPAS.com - Buat kamu yang ingin berwisata ke Bangka Belitung (Babel), ada festival yang seru nih. Kamu bisa mampir ke Festival Toboali City On Fire (TCOF) Season 4 yang kembali digelar di Toboali, Bangka Selatan pada 25 -28 Juli  2019 mendatang. 

Di festival TCOF Season 4, kamu bisa menemukan 16 acara unggulan yang memadukan festival budaya, event pariwisata, dan event olahraga.  

Penyelenggaraan TCOF Season 4 akan dibuka pada Kamis (25/7) malam.

Pada hari pertama, (25/7), kamu bisa menyaksikan acara parade budaya, Toboali Photo Competition, Pameran foto, Ritual Adat Buang Jung berupa melepaskan perahu ke laut.

Hari kedua dilanjutkan dengan Food Vlog Competition, Toboali Expo 2019.  Hari ketiga menampilkan acara Toboali Food Street Festival, Zumba Party, Habang Band Festival dan Bikepacker Tour de Habang.

Pada hari keempat atau hari terakhir dilaksanakan Famtrip, Ngalak Telok Serujo 2019, Fashion Carnival, dan malam puncak menampikan artis-artis ibukota.

Gubernur H. Erzaldi Rusman menjelaskan, pariwisata Babel sangat beruntung kini memiliki tiga event unggulan yang masuk dalam 100 CoE WI 2019. Sebelumnya, Babel hanya 2 event Bangka Cultural Wave Festival (Coming Home Celebration) yang berlangsung di Sungailiat dan Festival Tanjung Kelayang di Belitung.

Pada tahun ini, event unggulan bertambah satu event yaitu TCOF Season 4 akan berlangsung di Toboali, Kabupaten Bangka Selatan.

Ketiga event unggulan (CoE ) ini, menurut H. Erzaldi Rusman, menjadi sarana promosi yang efektif dalam mendatangkan wisatawan (wisman dan wisnus) ke Bangka dan Belitung.

Bupati Bangka Selatan H. Justiar Noer mengatakan, tujuan diselenggarakannnya TCOF Season 4 antara lain untuk menyadarkan masyarakat Bangka Selatan agar tidak hanya mengandalkan dari timah sebagai basis utama perekonomian.

Ia berharap basis perekonomian bisa bertransformasi ke sektor pariwisata yang terbukti mensejahterakan masyarakat dengan melestarikan alam dan budaya.

Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
komentar di artikel lainnya
Close Ads X