Mengenal Kearifan Lokal Laut Selatan, Tempat Legenda Nyi Roro Kidul

Kompas.com - 20/07/2019, 08:02 WIB
Ribuan umat muslim di kawasan Pantai Selatan Kabupaten Bantul, Yogyakarta melaksanakan salat Idul Fitri 1 Syawal 1440 H di Gumuk Pasir Bacan yang berada di Kawasan Pantai Parangtritis, Desa Parangtritis, Kecamatan Kretek. Rabu (5/6/2019)KOMPAS.com/MARKUS YUWONO Ribuan umat muslim di kawasan Pantai Selatan Kabupaten Bantul, Yogyakarta melaksanakan salat Idul Fitri 1 Syawal 1440 H di Gumuk Pasir Bacan yang berada di Kawasan Pantai Parangtritis, Desa Parangtritis, Kecamatan Kretek. Rabu (5/6/2019)

KOMPAS.com – Media sosial Facebook dihebohkan dengan munculnya ajakan menantang Nyi Roro Kidul. Laman media sosial ini memunculkan ajakan kepada ribuan orang untuk 'menyerbu' Pantai Parangtritis dengan memakai baju berwarna hijau.

Kompas.com pada Jumat (19/7/2019) memantau, laman Facebook berjudul "Ayo ribuan orang Serbu ParangTritis pakai baju hijau" yang akan digelar Minggu 22 September 2019 pada pukul 10.00 WIB. Sejauh ini sudah ada 3.900 orang berencana hadir, dan 10.000 lainnya tertarik.

Baca juga: Viral Ajakan ke Parangtritis Gunakan Baju Hijau, Ini Pengakuan Pengunggah

Jika kamu berencana menghadiri acara ‘menantang’ Nyi Roro Kidul ini, alangkah lebih bijak apabila kamu menyelami lebih dulu kearifan lokal dibalik legenda Nyi Roro Kidul yang ada di Yogyakarta.

Legenda Yang Muncul Sejak Jaman Dahulu

Legenda Nyi Roro Kidul di Yogyakarta sudah muncul dari sejak jaman dahulu. Kemunculannya tertuang  dalam beberapa catatan masa lampau, Babad Tanah Jawa.

Dalam perkembangannya, Legenda Nyi Roro Kidul juga mewujud dalam drama tari yang digelar sebagai pembuka Sekaten di Yogyakarta tahun 1992, serta tontonan layar lebar seperti Kutukan Nyai Roro Kidul (1979), Susuk Ratu Pantai Selatan (1980), Pembalasan Ratu Laut Selatan (1988), dan Nyi Roro Kidul (1993).

Dalam film-film tersebut, Suzanna adalah salah satu bintangnya.

Berkembang dalam beberapa mitos

Sosok Nyi Roro Kidul muncul sebagai sosok yang dihormati, sekaligus ditakuti oleh masyarakat Yogyakarta dan masyarakat yang tinggal di sekitar wilayah Pantai Selatan.

Hal ini diikuti dengan munculnya berbagai mitos seperti tentang kamar hotel yang konon dihuni oleh Nyi Roro Kidul. Salah satunya seperti larangan menggunakan baju hijau saat ke pantai.

Halaman:
Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
komentar di artikel lainnya
Close Ads X