Erupsi, Gunung Bromo Masih Bisa Dikunjungi Radius 1 Kilometer

Kompas.com - 20/07/2019, 11:35 WIB
Masyarakat suku Tengger melintas di bibir kawah Gunung Bromo untuk melarung sesajen pada Upacara Yadnya Kasada, Probolinggo, Jawa Timur, Kamis (18/7/2019). Upacara Kasada merupakan upacara adat masyarakat Suku Tengger sebagai bentuk ucapan syukur kepada Sang Hyang Widi sekaligus meminta berkah dan menjauhkan dari malapetaka. ANTARA FOTO/ZABUR KARURUMasyarakat suku Tengger melintas di bibir kawah Gunung Bromo untuk melarung sesajen pada Upacara Yadnya Kasada, Probolinggo, Jawa Timur, Kamis (18/7/2019). Upacara Kasada merupakan upacara adat masyarakat Suku Tengger sebagai bentuk ucapan syukur kepada Sang Hyang Widi sekaligus meminta berkah dan menjauhkan dari malapetaka.

KOMPAS.com – Kepala Sub Bagian Data Evaluasi Pelaporan dan Humas Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) Sarif Hidayat mengatakan, Gunung Bromo masih bisa dikunjungi setelah erupsi yang terjadi pada Jumat (19/7/2019) pukul 16.37 WIB.

Peristiwa erupsi ini sempat membuat panik masyarakat sekitar.

Baca juga: BNPB: Jangan Khawatir dengan Erupsi, Bromo Tetap Menawan dan Menyimpan Penuh Kenangan

Sarif mengatakan, Gunung Bromo masih bisa dikunjungi dalam radius 1 kilometer dari kawah aktif Bromo.

“Kunjungan ke Bromo masih bisa dilakukan dalam radius 1 km dari kawah aktif Bromo,” kata Sarif.

Sarif juga menyebutkan, tidak ada kejadian yang mengakibatkan turis dalam kondisi bahaya saat peristiwa terjadi,

“Selama kejadian kemarin, tidak ada hal-hal yang tidak diinginkan,” ujar dia.

Syarif menyebutkan, wilayah Gunung Bromo sejauh 1 kilometer yang masih boleh dikunjungi adalah hingga belakang Pura Poten.

Dilaporkan Kompas.com, Sabtu (20/07/2019), saat erupsi terjadi, tinggi kolom abu tidak teramati. Erupsi terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 37 mm dan durasi sekitar 7 menit 14 detik.

Baca juga: 5 Fakta Upacara Yadnya Kasada di Gunung Bromo yang Mungkin Belum Kamu Tahu

Erupsi yang terjadi di Gunung Bromo ini, terjadi sehari usai pelaksanaan Upacara Yadnya Kasada yang digelar antara tanggal 17-18 Juli 2019.

Upacara Yadnya Kasada sendiri merupakan upacara yang digelar dengan melarung sesaji yang dilempar ke dalam kawah Gunung Bromo.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X