Pasca-erupsi, Ini Imbauan untuk Wisatawan Gunung Bromo

Kompas.com - 20/07/2019, 16:35 WIB
Warga melintas di kawasan wisata Gunung Bromo di Metigen, Desa Ngadisari, Probolinggo, Jawa Timur, Kamis (7/6/2018). Lokasi wisata tersebut menjadi tujuan favorit wisata karena panorama alamnya yang menjadi magnet wisatawan lokal maupun mancanegara. MAULANA MAHARDHIKAWarga melintas di kawasan wisata Gunung Bromo di Metigen, Desa Ngadisari, Probolinggo, Jawa Timur, Kamis (7/6/2018). Lokasi wisata tersebut menjadi tujuan favorit wisata karena panorama alamnya yang menjadi magnet wisatawan lokal maupun mancanegara.

JAKARTA, KOMPAS.com – Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Kasbani mengatakan,  Gunung Bromo masih aman dikunjungi pasca-erupsi pada Jumat (19/7/2019) pukul 16.37 WIB.

Hal itu dikatakan Kasbani saat dihubungi Kompas.com, Sabtu (20/7/2019).

Namun, ia mengingatkan agar wisatawan mematuhi imbauan untuk berada dalam radius aman.

“Gunung ini untuk wisatawan  masih aman, yang penting tidak masuk di dalam radius, dan kami masih memantau perkembangan gunung itu,” ujar Kasbani.

Kasbani juga mengimbau wisatawan yang hendak ke Bromo untuk mempersiapkan masker saat berkunjung.

“Disiapkan saja masker untuk antisipasi kalau kebetulan ada erupsi-erupasi kecil seperti itu kalau kebetulan ada abu yang lewat” kata dia.

Sementara itu, saat dihubungi secara terpisah, Kepala Sub Bagian Data Evaluasi Pelaporan dan Humas Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) Sarif Hidayat mengatakan, pasca-erupsi, Gunung Bromo masih aman dikunjungi dalam radius 1 kilometer dari kawah aktif.

Batas radius 1 kilometer ini hingga di belakang Pura Poten.

Baca juga: Erupsi, Gunung Bromo Masih Bisa Dikunjungi Radius 1 Kilometer

Erupsi

Gunung Bromo erupsi pada Jumat (19/7/2019) pukul 16.37 WIB.

Erupsi terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 37 mm dan durasi sekitar 7 menit 14 detik. Tinggi kolom abu tidak teramati saat erupsi.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X