7 Kuliner Jawa Tengah, Langka Ditemui di Jakarta

Kompas.com - 22/07/2019, 19:03 WIB
Bakmi Ketoprak Yu Nani di Solo, Jawa TengahKOMPAS.com/Silvita Agmasari Bakmi Ketoprak Yu Nani di Solo, Jawa Tengah

JAKARTA, KOMPAS.com - Wisata kuliner ke Jawa Tengah selalu jadi hal menarik. Di daerah ini ada berbagai makanan khas yang unik dan terbilang sulit didapat ketika di Jakarta.

Sehingga untuk mendapatkan beberapa makanan di bawah ini memang harus berkunjung ke daerah tersebut. Berikut adalah makanan Jawa Tengah langka di Jakarta:

1. Sate blengong, Brebes

Blengong adalah hewan hasil perkawinan antara bebek dan mentok (entok). Di Brebes, blengong dimasak menjadi sate yang nikmat. Tekstur dagingnya mirip bebek tetapi lebih berserat dan lunak saat dikunyah.

Sate blengong bisa dibakar atau dimasak alias direbus dengan bumbu santan, kemudian disantap dengan ketupat kuah yang kaya rasa. Jangan lewatkan sate blengong saat mampir ke Brebes.

2. Bakmi ketoprak, Solo

Jangan bayangkan ketoprak sambal kacang seperti di Jakarta. Bakmi ketoprak terdiri dari tempe, tahu, kol, bawang, bihun, mi kuning, kacang tanah, kerupuk karak, tetelan daging, toge, bakwan toge, dan sosis solo. Kemudian semuanya disiram kuah kaldu sapi bening.

Rasa bakmi ketoprak sangat ringan dengan tekstur yang kaya. Sangat sulit menemukan bakmi ketoprak selain di Solo.

Mangut beong yang melipat lidah di rumah makan Sehati, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.KOMPAS/FERGANATA INDRA RIATMOKO Mangut beong yang melipat lidah di rumah makan Sehati, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
komentar di artikel lainnya
Close Ads X