Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Kuliner Jawa Tengah, Langka Ditemui di Jakarta

Kompas.com - 22/07/2019, 19:03 WIB
Silvita Agmasari,
Sri Anindiati Nursastri

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Wisata kuliner ke Jawa Tengah selalu jadi hal menarik. Di daerah ini ada berbagai makanan khas yang unik dan terbilang sulit didapat ketika di Jakarta.

Sehingga untuk mendapatkan beberapa makanan di bawah ini memang harus berkunjung ke daerah tersebut. Berikut adalah makanan Jawa Tengah langka di Jakarta:

1. Sate blengong, Brebes

Blengong adalah hewan hasil perkawinan antara bebek dan mentok (entok). Di Brebes, blengong dimasak menjadi sate yang nikmat. Tekstur dagingnya mirip bebek tetapi lebih berserat dan lunak saat dikunyah.

Sate blengong bisa dibakar atau dimasak alias direbus dengan bumbu santan, kemudian disantap dengan ketupat kuah yang kaya rasa. Jangan lewatkan sate blengong saat mampir ke Brebes.

2. Bakmi ketoprak, Solo

Jangan bayangkan ketoprak sambal kacang seperti di Jakarta. Bakmi ketoprak terdiri dari tempe, tahu, kol, bawang, bihun, mi kuning, kacang tanah, kerupuk karak, tetelan daging, toge, bakwan toge, dan sosis solo. Kemudian semuanya disiram kuah kaldu sapi bening.

Rasa bakmi ketoprak sangat ringan dengan tekstur yang kaya. Sangat sulit menemukan bakmi ketoprak selain di Solo.

Mangut beong yang melipat lidah di rumah makan Sehati, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.KOMPAS/FERGANATA INDRA RIATMOKO Mangut beong yang melipat lidah di rumah makan Sehati, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

3. Mangut beong, Magelang

Mangut adalah masakan kuah yang kaya bumbu, rempah sehingga terasa medok. Ciri lainnya adalah super pedas. Mangut umumnya dimasak dengan protein ikan.

di Magelang, protein yang digunakan adalah beong alias ikan air tawar yang habitatnya di Kali Progo, berhulu di sekitar Gunung Sindoro. Makanan ini langka sebab populasi beong kian menurun sehingga sulit menemukan beong bahkan di daerah Magelang.

4. Sate ambal, Kebumen

Sate ambala dalah sate ayam, tetapi tidak menggunakan sambal kacang. Melainkan sambal tempe. Sambal inilah yang membuat hidangan jadi unik dengan rasa yang selalu membuat rindu.

Brekecek, makanan khas Kota Cilacap, Jawa Tengah yang dihadirkan di Hotel Dafam Cilacap.ARSIP HOTEL DAFAM CILACAP Brekecek, makanan khas Kota Cilacap, Jawa Tengah yang dihadirkan di Hotel Dafam Cilacap.

5. Brekecek, Cilacap

Brekecek diambil dari kata brek" yang artinya dijatuhkan atau diletakkan, dan "kecek" yang artinya dikecek-kecek bumbunya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com