Kebakaran Gunung Panderman, Pendakian ke Gunung Butak Ikut Ditutup

Kompas.com - 22/07/2019, 21:00 WIB
Pemandangan dari kaki Gunung Panderman, Batu, Jawa Timur, Jumat (13/5/2016) pagi. KOMPAS.COM/WAHYU ADITYO PRODJOPemandangan dari kaki Gunung Panderman, Batu, Jawa Timur, Jumat (13/5/2016) pagi.

KOMPAS.com – Gunung Panderman yang berlokasi di Kota Batu, Jawa Timur mengalami kebakaran.

Berdasarkan informasi yang diterima Kompas Travel dari KKPH Malang gunung ini diketahui terbakar pada Hari Minggu, 21 Juli 2019 sekitar pukul 19.00 WIB.

Gunung Panderman sendiri merupakan gunung yang memiliki ketinggian sekitar 2.045 meter di atas permukaan laut (mdpl). Lokasi gunung ini juga sejalur dengan Gunung Butak.

Oman Suherman, Kepala Divisi Perum Perhutani Jawa Timur menyampaikan, bahwa sampai saat ini jalur pendakian termasuk pendakian ke Gunung Butak ditutup.

“Sementara kita tutup semua, karena kan kebakaran,” kata Oman.

Berdasarkan informasi yang Kompas Travel terima dari KPPH Malang sampai dengan saat ini Senin (22/07/2019) pukul 15.16 luas hutan yang terbakar adalah sekitar 60 hektare.

Saat ini, tim sudah turun dan akan melanjutkan upaya pemadaman besuk pagi.

"Teman-teman petugas sudah turun ini," ujarnya saat dihubungi Senin (22/07/2019) sore.

Hutan Gunung Panderman sendiri termasuk ke dalam kawasan hutan lindung. Secara keseluruhan luas baku hutan sebesar 164,4 hektare.

Sampai dengan hari ini, tidak ada laporan mengenai pendaki yang menjadi korban.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X