Sindoro via Tambi, Ini Estimasi Waktu Pendakiannya

Kompas.com - 23/07/2019, 07:26 WIB
Gunung Sindoro dari Basecamp Pendakian Gunung Sumbing. Kompas.com/Anggara Wikan PrasetyaGunung Sindoro dari Basecamp Pendakian Gunung Sumbing.

WONOSOBO, KOMPAS.com Sindoro via Tambi merupakan salah satu jalur pendakian untuk mencapai puncak gunung setinggi 3.153 meter di atas permukaan laut itu. Jalur ini tepatnya berada di sisi utara Gunung Sindoro.

Bagi pendaki yang sudah pernah mencapai Puncak Gunung Sindoro melalui jalur favorit, yakni Kledung, jalur Tambi menjadi pilihan yang layak dicoba untuk merasakan suasana dan pemandangan berbeda.

Baca juga: Catatan Panduan Mendaki Gunung Sindoro via Tambi (1)

Basecamp Pendakian Gunung Sindoro via Tambi salah satunya adalah Sigedang. Basecamp ini terletak di Desa Sigedang, Kecamatan Kejajar, Jawa Tengah. Lokasinya tidak terlalu jauh dari jalan utama Wonosobo-Dieng.

Berikut ini estimasi waktu pendakian Gunung Sindoro via Tambi (Sigedang) yang KompasTravel dapatkan dari basecamp:

1. Basecamp-Pintu Masuk (Pos Bayangan): 50 menit

Usai mendaftar dan memulai perjalanan, pos pertama yang akan dijumpai pendaki adalah Pos Bayangan atau Pintu Masuk. Waktu yang dibutuhkan pendaki dari Basecamp Sigedang sampai Pintu Masuk adalah sekitar 50 menit.

Baca juga: Catatan Panduan Mendaki Gunung Sindoro via Tambi (2)

Satu hal yang perlu diketahui adalah, pos pertama ini masih berada di samping jalan aspal sehingga bisa dijangkau dengan kendaraan. Pendaki bisa menggunakan jasa ojek sampai ke sana dengan biaya Rp 10.000.

2. Pintu Masuk-Pos 1: 20 menit

Usai Pos Bayangan atau Pintu Masuk, pendaki mulai memasuki jalan setapak. Rute awal pendakian mendaki Gunung Sindoro via Tambi adalah melewati kawasan Kebun Teh Tambi. Pintu Masuk menuju Pos I bisa ditempuh dalam waktu sekitar 20 menit.

Pendakian Menuju Gunung Sumbing Lewat Kebun Teh Tambi.KOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYA Pendakian Menuju Gunung Sumbing Lewat Kebun Teh Tambi.

Pos I berada di tengah kawasan Kebun Teh Tambi. Meski pendaki lewat jalan setapak, masih ada jalan untuk kendaraan. Pendaki bisa menggunakan jasa ojek sampai ke Pos I dengan tarif Rp 20.000. Perjalanan dengan ojek bisa menghemat stamina dan waktu sekitar satu jam.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X