Kompas.com - 24/07/2019, 08:04 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden RI Joko Widodo dalam vlognya "Bugar dengan Jamu" mengungkapkan bahwa dirinya rutin minum jamu pada pagi hari. Kebiasaan minum jamu sebelum memulai aktivitas sudah dilakoninya selama 17-18 tahun.

"Jamu merupakan minuman unggalan Indonesia yang tidak ada duanya. Satu-satunya di dunia, pengetahuan lokal asli Indonesia," kata Pemerhati Kuliner Indonesia, peneliti pangan UGM, dan penulis buku kuliner Prof. Dr. Murdijati Gardjito dihubungi KompasTravel, Selasa (23/7/2019).

Hal yang istimewa dari jamu sebagai penyembuh dan penjaga kesehatan, menurut Murdijati, adalah dapat dikonsumsi setiap hari dan kapan saja.

Baca juga: Jokowi Rajin Minum Jamu, Ini Bukti Jamu Minuman Asli Orang Indonesia

Sebab kandungan bahan jamu adalah bahan-bahan alami, tanpa campuran kimia. Bahan baku pembuatan jamu berasal dari tanaman yang tumbuh subur di tanah Indonesia.

"Tidak pernah ada kata overdosis untuk jamu," kata Murdijati.

Ia juga mengungkapkan para penjual jamu keliling pantas dinobatkan sebagai pahlawan kesehatan bangsa.

"Mereka ini tanpa mengenal lelah menghampiri konsumennya setiap hari untuk menjaga kesehatan masyarakat. Mbak yu penjual jamu inilah yang derajatnya perlu ditinggikan, diperhatikan oleh pemerintah," jelas Murdijati.

Masyarakat Indonesia sendiri mengonsumsi jamu dengan cara membeli di penjual keliling atau warung jamu. Ada juga yang mengonsumsi jamu dengan membuat sendiri di rumah, seperti Joko Widodo yang rutin dibuatkan jamu oleh juru masaknya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.