Viral di Twitter, Kartu Debit Jenius Bisa Tap Masuk MRT di Singapura

Kompas.com - 24/07/2019, 18:33 WIB
MRT SingapuraShutterstock MRT Singapura

JAKARTA, KOMPAS.com - Sepekan terakhir, netizen di Twitter membicarakan kartu debit Jenius dari Bank BTPN yang dapat digunakan sebagai alat pembayaran langsung di Mass Rapid Transit (MRT) Singapura.

Caranya hanya perlu menempelkan (tap) kartu debit Jenius dengan jaringan Visa di palang masuk yang tersedia di setiap stasiun MRT Singapura. Jadi penumpang tak harus membeli tiket masuk MRT di mesin.

"Yup, just tried using Jenius in Singapore's MRT and it works LOL. (Baru mencoba pakai Jenius untuk MRT Singapura dan berfungsi)," kata salah satu pengguna Twitter Luthfi Hidayat R.

Baca juga: Sensasi “Zero Waste” Ala Jepang dan Singapura Naik MRT Jakarta

Ada juga pengguna Twitter dengan akun @garethber yang mengatakan kartu debit jenius juga bisa digunakan untuk MRT dan bus di Singapura, tanpa perlu mendaftar apapun.

Head of Digital Banking Bank BTPN, Irwan Sutjipto Tisnabudi dihubungi KompasTravel, Senin (22/7/2019) mengkonfirmasi bahwa memang benar kartu debit jenius dapat digunakan untuk membayar MRT, bus, taksi, serta convenient store di berbagai dunia salah satunya Singapura.

"Kartu Debit Jenius berlogo Visa dapat digunakan untuk transaksi di semua jaringan Visa di seluruh dunia. Kartu Debit Jenius Visa juga dilengkapi dengan fitur contactless yang memungkinkan pengguna Jenius melakukan transaksi dengan lebih cepat tanpa perlu menggunakan uang tunai. Pengguna Jenius hanya perlu menempelkan Kartu
Debit Jenius Visa di mesin pembaca kartu di kasir dan transaksi pun selesai," jelas Irwan.

Baca juga: Tempat Wisata di Sekitar Stasiun MRT Lebak Bulus dan Stasiun MRT Lainya

Tak hanya MRT di Singapura, Irwan juga menjelaskan bahwa kartu debit Jenius dapat menjadi alat transaksi non tunai untuk MRT di di Hong Kong, Australia, UK (London), Perancis (Dijon), Kanada, dan beberapa negara lainnya di Eropa (Milan, Polandia, dan negara lainnya).

Biaya tiket MRT dengan kartu debit Jenius akan mengikuti nilai tukar mata uang atau kurs yang berlaku saat kartu di-tap.

Irwan menganjurkan pengguna kartu debit Jenius di luar negeri untuk melakukan persiapan sebelum melakukan perjalanan ke luar negeri, salah satunya dengan mengaktifkan saldo mata uang asing yang saat ini tersedia di Jenius yakni Dollar Amerika Serikat, Dollar Singapura, dan Yen Jepang.

Namun demikian, kartu debit Jenius sampai saat ini belum bisa menjadi alat pembayaran MRT di Jakarta.

"Jenius terus mendapatkan apresiasi dan sambutan yang luar biasa dari masyarakat digital
savvy, termasuk untuk kebutuhan transportasi MRT di Indonesia.

Masukan tersebut telah kami terima dengan baik dan saat ini tengah kami olah lebih lanjut bersama dengan berbagai pihak terkait untuk menciptakan ekosistem life finance yang semakin simpel, cerdas, dan aman. Untuk itu, tunggu kejutan dari Jenius selanjutnya di media sosial @jeniusconnect," jelas Irwan.

Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
komentar di artikel lainnya
Close Ads X