Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 25/07/2019, 12:34 WIB

KOMPAS.com - Dari tahun ke tahun, jumlah kunjungan wisatawan Rusia ke Indonesia selalu menunjukkan peningkatan.

Contohnya pada 2017, jumlah kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) Rusia mencapai 110.529 dan pada 2018 meningkat menjadi 125.697.

Sebagai upaya menjaga eksistensi wisman Rusia ke Indonesia, Kementerian Pariwisata (Kemenpar) menggelar Festival Wonderful Indonesia di Krasnaya Presnya, Rusia dari 2 hingga 4 Agustus 2019.

“Promosi akan terus kami dilakukan, terlebih kami punya target kunjungan wisatawan Rusia ke Indonesia mencapai 160.000, sepanjang tahun 2019,” kata Menteri Pariwisata, Arief Yahya dalam keterangan resminya yang diterima Kompas.com, Rabu (25/7/2019).

Baca juga: Wisman Selandia Baru Potensial untuk Indonesia

Sekadar informasi, Festival Wonderful Indonesia ini pertama kali digelar pada 2016 di Hermitage Garden dengan total pengunjung lebih dari 68.000 orang.

Lalu pada 2017, acara tersebut kembali digelar dan berhasil menarik lebih 91.600 orang untuk menyaksikannya.

"Tahun 2018 dikunjungi (diharapkan) lebih dari 135.000 orang,” kata Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran II Kemenpar, Nia Niscaya.

Mengenai acaranya sendiri, Asisten Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran II Kemenpar Regional IV (Eropa) Agustini Rahayu mengatakan, Festival Wonderful Indonesia akan diawali dengan kegiatan Indonesia-Russia Business Forum.

Baca juga: Wonderful Indonesia Tampil Meriahkan Festival Dark Mofo di Tasmania

Acara akan dilaksanakan pada Kamis(1/7/2019), di Ritz Carlton Hotel, Moscow dengan mengundang narasumber pelaku pariwisata kedua negara, seperti airlines, wholesaler, tour operator, media, dan asosiasi pariwisata.

“Pada kesempatan itu, Kemenpar berencana mengadakan parallel session berupa sesi paparan dan diskusi mengenai pariwisata Indonesia,” ujarnya.

Kemudia acara dilanjutkan dengan Festival Wonderful Indonesia (FWI) pada tanggal 2-4 Agustus 2019 di Krasnaya Presnya Park.

Adapun bentuk partisipasi Kemenpar sendiri berupa penyedian Paviliun Indonesia seluas 10 x 10 meter di depan main stage.

Baca juga: Wisuda Poltek Medan, Menpar Minta Lulusan Jadikan Danau Toba Mendunia

Selain itu, disediakan pula Hospitality Corner berupa coffee atau mixologist corner yang nantinya digunakan sebagai tempat penyajian dan peracikan kopi khas dari seluruh Indonesia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+