Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Nasi Goreng dari Berbagai Negara, Adakah yang Sama dengan Nasi Goreng Megawati?

Kompas.com - 25/07/2019, 14:05 WIB
Silvita Agmasari,
Sri Anindiati Nursastri

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Nasi goreng jadi salah satu dari lima makanan nasional yang ditetapkan oleh Kementerian Pariwisata. Lezatnya nasi goreng memang mampu membuat banyak orang rindu makanan ini. Tak terkecuali Prabowo Subianto yang mengaku nasi goreng buatan Megawati Soekarnoputri adalah salah satu favoritnya.

Baca juga: 9 Pilihan Nasi Goreng di Jakarta yang Bikin Lupa Diet seperti Prabowo

Selain Indonesia, banyak negara di Asia yang punya hidangan nasi goreng khas. Berikut adalah penjelasannya dari Stefu selaku Executive Chef di APREZ Catering & AMUZ Gourmet Restaurant saat dihubungi KompasTravel, Senin (31/7/2017):

1. Indonesia

Chef Stefu menyebutkan nasi goreng Indonesia termasuk yang paling lezat karena bumbunya kompleks dan harus dibuat dahulu sebelum memasak nasi goreng, jadi mengalami proses masak yang terpisah baru digabungkan.

"Bumbunya lazim pake aneka rempah seperti bawang, merica, ketumbar, cabai, dan lainnya," kata Chef Stefu.

Ciri khas lain adalah nasi yang digunakan terbilang pera sehingga tekstur nasi goreng lebih kering.

Keunikan lain setiap daerah di Indonesia bahkan rumah biasanya juga punya bumbu khas yang jadi andalan sendiri. Inilah yang membuat makan nasi goreng di Indonesia tidak pernah membosankan.

2. Jepang

Jepang memiliki nasi goreng dengan komposisi yang sangat sederhana. Bumbunya hanya bawang putih dan kecap khas Jepang, atau yang dikenal sebagai kikkoman sauce. Untuk tambahan, umumnya nasi goreng khas Jepang menggunakan daun bawang dan wortel.

"Sedangkan berasnya pulen, seperti yang digunakan saat untuk sushi," ujar chef Stefu.

Nasi goreng tom yum di Saigonsan, Malang.Kompas.com/Silvita Agmasari Nasi goreng tom yum di Saigonsan, Malang.

3. Thailand

Ciri khas nasi goreng khas Thailand ialah penggunaan bubuk kari sebagai bumbu utamanya. Bubuk kari tersebut dicapur kecap ikan dan nanas manis pada saat nasi digoreng. Menghasilkan rasa gurih sekaligus manis, juga warna yang kekuningan dari nanas matangnya.

Sedangkan beras yang digunakan ialah beras berbulir panjang, seperti beras basmanti pada nasi kebuli.

4. China

Nasi goreng ala China menggunakan banyak bawang, garam, gula, dan penyedap rasa. Selain itu, nasi goreng lazim dilengkapi dengan potongan jamur, udang, ayam, atau ikan. Tidak lupa kacang polong dimasukan pada akhir proses memasak. Warna nasinya putih kusam, karena tidak menggunakan bumbu dengan warna mencolok.

5. Hongkong

Komposisi nasi goreng khas Hongkong hampir sama dengan di China. Namun sayuran pendampingnya lebih familiar menggunakan selada.

"Nasi goreng di China dan Hongkong basic-nya sama, Yangzhou Fried Rice. Cuman pelengkapnya saja beda," ungkap Chef Stefu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com