Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dari Kampung Ini, Penjual Nasi Goreng Menyebar ke Berbagai Kota Besar

Kompas.com - 25/07/2019, 16:05 WIB
Silvita Agmasari,
Wahyu Adityo Prodjo

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Coba bertanya asal penjaja nasi goreng langganan kamu. Apakah berasa dari Pekalongan, Jawa Tengah tepatnya dari Desa Wonopringgo? Jika ya, berarti penjaja nasi goreng tersebut adalah salah satu dari banyak penduduk Desa Wonopringgo yang berjualan nasi goreng.

Tanpa disadari, penduduk Desa Wonopringgo sudah turun-temurun dan tersebar di berbagai kota besar maupun kecil berjualan nasi goreng.

Kepala Desa Wonopringgo, Slamet Haryanto mengatakan potensi ini baru disadari belum lama, karena ingin menggali hasil desa yang berpotensi menjadi keunggulan, nilai ekonomi, juga ciri khas untuk menarik wisatawan sesuai program Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi.

"Jumlahnya ada ratusan, sampai sekarang masih tahap pendataan yang di Jakarta, Bandung, Semarang, dan kota kecil sekitarnya. Untuk di Pekalongan ada 60-an lebih," ujarnya saat dihubungi KompasTravel beberapa waktu lalu.

Ia optimis jumlah pedagang nasi goreng akan ada ratusan setelah selesai pendataan.

Pasalnya masyarakat Desa Wonopringgo sudah secara turun temurun mewariskan keahlian membuat nasi goreng.

Sampai dalam satu keluarga anak dan bapak bisa berjualan masing-masing di kota yang berbeda.

Saat ditanya perihal ciri khas rasa nasi goreng dari desanya, ia mengatakan sama seperti umumnya. Karena saking banyaknya pedagang nasi goreng di berbagai kota dari desanya tersebut.

Oleh karena keunikan tersebut di Desa Wonopringgo dibangun Tugu Nasi Goreng.

Tak hanya itu, desa ini juga rutin menyelenggarakan festival memasak nasi goreng dan membangun paguyuban dan koperasi nasi goreng. Kini Desa Wonopringgo dikenal dengan nama Kampung Nasi Goreng.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com