5 Ide Tempat Mengunjungi Bali saat Galungan 2019

Kompas.com - 25/07/2019, 17:06 WIB
Umat Hindu berkeliling wilayah desa dalam Tradisi Ngerebeg saat Hari Raya Galungan di Desa Adat Penglipuran, Bangli, Bali, Rabu (1/11). Tradisi Ngerebeg tersebut dilakukan warga setempat untuk menolak bala sekaligus menetralisir dan menyucikan situasi pedesaan. ANTARA FOTO/Fikri Yusuf/foc/17. FIKRI YUSUFUmat Hindu berkeliling wilayah desa dalam Tradisi Ngerebeg saat Hari Raya Galungan di Desa Adat Penglipuran, Bangli, Bali, Rabu (1/11). Tradisi Ngerebeg tersebut dilakukan warga setempat untuk menolak bala sekaligus menetralisir dan menyucikan situasi pedesaan. ANTARA FOTO/Fikri Yusuf/foc/17.

KOMPAS.com – Hari Raya Galungan merupakan salah satu hari raya umat Hindu. Hari Galungan menjadi momen spesial bagi masyarakat Hindu yang mayoritas ada di Bali.

Hari Raya Galungan dilaksanakan setiap 210 hari. Beragam upacara adat dilaksanakan guna menyambut momen ini. Selanjutnya, Hari Raya Galungan akan disusul dengan Hari Raya Kuningan, 10 hari kemudian.

Untuk kamu yang berencana ke Bali di momen Hari Raya Galungan 2019 ini, berikut beberapa tempat wisata yang pas untuk Kamu kunjungi:

1. Tanah Lot

Ratusan wisatawan domestik dan asing menikmati pesona sekitar Pura Tanah Lot, Kabupaten Tabanan, Bali, awal Juni 2012. Obyek ini menjadi salah satu unggulan Pulau Dewata setelah Pantai Kuta di Kabupaten Badung karena letaknya juga berdekatan. Rona tenggelamnya matahari menjadi pemandangan tak terlupakan di Tanah Lot.KOMPAS/AYU SULISTYOWATI Ratusan wisatawan domestik dan asing menikmati pesona sekitar Pura Tanah Lot, Kabupaten Tabanan, Bali, awal Juni 2012. Obyek ini menjadi salah satu unggulan Pulau Dewata setelah Pantai Kuta di Kabupaten Badung karena letaknya juga berdekatan. Rona tenggelamnya matahari menjadi pemandangan tak terlupakan di Tanah Lot.
Tanah Lot Bali adalah satu diantara sekian banyak tempat wisata favorit di Bali. Pemandangan tepian laut yang elok dengan pura indah di atas pulau batunya menjadi daya tarik tersendiri.

Baca juga: Awal April, Kunjungan Wisman ke Tanah Lot Tembus 70.000 Orang

Saat perayaan Galungan, Tanah Lot juga menjadi lokasi yang cocok dikunjungi wisatawan. Kegiatan piodalan menjadi salah satu agenda yang dilakukan di Pura Tanah Lot saat perayaan Galungan.

2. Pura Lempuyang

Wisatawan asing di Pura Lempuyang, Karangasem, Bali, Kamis (7/12/2017).  ANTARA FOTO/HAFIDZ MUBARAK A Wisatawan asing di Pura Lempuyang, Karangasem, Bali, Kamis (7/12/2017).
Mengunjungi Pura Lempuyang, saat Galungan 2019, wisatawan bisa menyaksikan rangkaian acara piodalan di Pura Lempuyang.

Pura Lempuyang merupakan salah satu Pura Sad Khayangan. Lokasinya berada di perbukitan Desa Abang atau sekitar 78 kilometer timur laut Kota Denpasar.

Pura Lempuyang memiliki beberapa keistimewaan, diantaranya adalah lokasinya yang berada di puncak Gunung Lempuyang membuatnya memiliki pemandangan bagus.

Dari tempat ini wisatawan bisa melihat Gunung Agung yang beridiri megah.Pura ini juga termasuk pura tertua yang ada di Bali.

3. Desa Penglipuran

Sejumlah wisatawan mengunjungi Desa Adat Penglipuran di Kubu, Kabupaten Bangli, Bali, Kamis (19/7/2018). Desa yang telah berdiri sejak 700 tahun silam pada masa Kerajaan Bangli tersebut mendapat predikat dari TripAdvisor sebagai desa terbersih sedunia pada 2016 dan saat ini menjadi destinasi favorit wisatawan untuk menikmati suasana perkampungan tradisional adat khas Bali.ANTARA FOTO/ADITYA PRADANA PUTRA Sejumlah wisatawan mengunjungi Desa Adat Penglipuran di Kubu, Kabupaten Bangli, Bali, Kamis (19/7/2018). Desa yang telah berdiri sejak 700 tahun silam pada masa Kerajaan Bangli tersebut mendapat predikat dari TripAdvisor sebagai desa terbersih sedunia pada 2016 dan saat ini menjadi destinasi favorit wisatawan untuk menikmati suasana perkampungan tradisional adat khas Bali.
Desa Penglipuran, merupakan desa andalan di Bali. Desa ini disebut-sebut sebagai desa terbersih di dunia.

Penglipuran, merupakan desa adat yang menawarkan ketenangan dan keunikan.

Berkunjung ke desa adat Penglipuran tentunya sebuah pilihan yang tepat. Wisatawan bisa menikmati bagaimana aktivitas warga setempat dalam melaksanakan prosesi Galungan 2019.

Di desa ini, hampir di setiap rumah bisa ditemukan penjor, yakni tiang bambu yang melengkung panjang yang dihiasi lengkungan janur.

4. Pura Ulun Danu Danau Beratan

Prosesi upacara Melasti di Pura Ulun Danu Beratan di Desa Candikuning, Kabupaten Tabanan, Bali, Senin (4/3/2019). Upacara Melasti dilaksanakan dalam rangkaian perayaan Nyepi Tahun Baru Caka 1941 yang jatuh pada tanggal 7 maret 2019.KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG Prosesi upacara Melasti di Pura Ulun Danu Beratan di Desa Candikuning, Kabupaten Tabanan, Bali, Senin (4/3/2019). Upacara Melasti dilaksanakan dalam rangkaian perayaan Nyepi Tahun Baru Caka 1941 yang jatuh pada tanggal 7 maret 2019.

Saat ada upacara adat seperti saat Galungan Pura Ulun Danu dan Danau Beratan juga sangat ramai. Pengunjung berbaur dengan umat Hindu Bali yang akan bersembahyang menyeberang menuju pura.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X