Gordon, Donat ala Amerika dengan Kearifan Lokal

Kompas.com - 25/07/2019, 19:15 WIB
Gordon menyuguhkan gourmet doghnuts dengan beragam rasa dan isian. DOK.GORDONGordon menyuguhkan gourmet doghnuts dengan beragam rasa dan isian.

JAKARTA, KOMPAS.com - Saya masih ingat, ketika dulu menonton film-film Hollywood dengan adegan kejar-kejaran polisi, selalu saja ada momen di mana seorang polisi mengunyah donat sambil menyeruput black coffee. Di saat bersamaan, begitu saya keluar rumah, anak-anak kecil berbondong-bondong mengejar pedagang keliling yang ternyata menjual donat kampung.

Tak hanya di dunia barat, donat juga melekat dengan kehidupan orang Indonesia. Buktinya, donat kampung baru-baru ini kembali digandrungi.

Donat kampung yang seyogyanya dijual sekitar Rp 2.000 per buah, "naik kelas" menjadi kisaran Rp 8.000 per buah karena dijual di coffee shop kesayangan kaum milenial.

Baca juga: Sejarah Si Bolong Tengah, Donat...

Tren mengonsumsi donat semakin meningkat dengan adanya gourmet donuts, donat buatan tangan yang dibuat dengan bahan-bahan berkualitas serta tidak diproduksi secara massal.

Gordon adalah salah satunya. Gerai gourmet donuts yang berlokasi di UOB Plaza, Thamrin, Jakarta Pusat ini selalu diserbu penikmat donat, ojek online, bahkan jastiper.

Aneka varian donat dari Gordon.DOK.GORDON Aneka varian donat dari Gordon.

Donat ala Amerika

Gordon pertama kali diperkenalkan pada akhir September 2017. Lia Esteriny selaku pemilik Gordon mengatakan donat buatannya memiliki style Amerika. Meski begitu, hampir seluruh bahan bakunya asli Indonesia.

"Donat Gordon adalah American style donuts namun less greasy (tidak berminyak). Pada awalnya kami membuat kurang dari 10 varian rasa. Sekarang ada sekitar 20 varian rasa, baik seasonal maupun klasik," tutur Lia kepada KompasTravel, Kamis (25/7/2019).

Baca juga: Viral, Donat Mi Goreng di Australia

Beberapa varian klasik antara lain Old Timer, Espro, Coffee Almond, Creme Brulee, Red Velvet, Peanut Butter Jelly, Cheese Cinnamon, Chewbacca, dan Wise Matcha. Sementara itu, varian seasonal yang paling menarik perhatian adalah Klepon.

Saya mencicipi empat varian donat yakni Chewbacca, Red Velvet, Espro, dan Klepon. Keempatnya memiliki ukuran yang cukup besar jika dibandingkan dengan donat mass production yang bisa ditemukan di pusat-pusat perbelanjaan.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X