KILAS

Trik Kemenpar Genjot Kunjungan Wisman Jepang ke Indonesia

Kompas.com - 26/07/2019, 13:05 WIB
Pulau Kalong adalah area hutan bakau yang juga merupakan rumah bagi kelelawar.Dok. Kemenpar Pulau Kalong adalah area hutan bakau yang juga merupakan rumah bagi kelelawar.

KOMPAS.com - Jumlah kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) dari Jepang ke Indonesia pada 2018 sedikit mengalami penurunan.

Bila pada 2017 bisa mencapai 573.310 wisman, maka untuk tahun 2018 hanya 573.310 atau turun sekitar 7,45 persen.

Padahal, spending wisman Jepang cukup besar. Sekali berkunjung ke Indonesia, biasanya mereka dapat menghabiskan waktu hampir seminggu dengan pengeluaran rata-rata sebesar 1,013 dollar AS per visit.

Atas dasar itulah, Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran II Kementerian Pariwisata (Kemenpar) Nia Niscaya mengatakan pihaknya akan menggaungkan kembali pariwisata Indonesa ke Jepang.

Makanya Kemenpar saat ini tengah mempromosikan family trip (famtrip) di Jepang.

Baca juga: Tingkatkan Kunjungan Wisman Vietnam, Kemenpar Adakan Famtrip ke Bali

"Famtrip kami gelar. Kami harus mampu memenuhi target 690.000 kunjungan wisman Jepang tahun ini,” tandas Nia, seperti dalam keterangan tertulisnya.

Adapun destinasi wisata yang dipromosikan dalam program famtrip tersebut adalah Taman Nasional Komodo, Nusa Tenggara Timur.

Upaya tersebut lantas berhasil. Ini dibuktikan dengan kunjungan Hokuriku Asahi Broadscasting, sebuah perusahaan media asal Jepang ke Pulau Komodo yang berlangsung selama enam hari, yaitu dari tanggal 21 hingga 26 Juli 2019.

“Kegiatan ini sangat strategis untuk menggenjot kembali angka kunjungan wisatawan Jepang. Selain ke Labuan Bajo, mereka juga dibawa Famtrip ke Bali,” tutur Nia.

Halaman:
Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
komentar di artikel lainnya
Close Ads X