Menyusuri Keindahan Goa Lalay dengan Body Rafting

Kompas.com - 27/07/2019, 08:27 WIB
wisatawan asyik bermain body rafting di arus air yang berasal dari dalam gua. Candra Nugrahawisatawan asyik bermain body rafting di arus air yang berasal dari dalam gua.

PANGANDARAN, KOMPAS.com - Kabupaten Pangandaran di Jawa Barat tidak hanya dikenal dengan sejumlah pantainya yang indah. Di sini banyak pula destinasi wisata goa dengan pemandangan tak kalah indah.

Salah satunya Goa Cilalay yang berada di Dusun Karanganyar, Kecamatan Cigugur.

Goa Cilalay bisa ditempuh kurang dari satu jam dari ibu kota kabupaten, Parigi. Rutenya Parigi, Cigugur kemudian menuju Desa Ciwangkal.

Dari Ciwangkal belok kanan ke arah Goa Cilalay. Dari Ciwangkal ke Cilalay sekitar 3 kilometer dengan melewati jalan aspal, jalan cor, dan sebagian jalan batu kapur.

"Ini destinasi wisata baru di desa kami," kata Jenjen, Ketua Karang Taruna Desa Cigugur saat ditemui di Goa Cilalay, Kamis sore (25/7/2019).

Goa Lalay, salah satu destinasi wisata baru di Desa Cigugur, Kecamatan Cigugur, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat.KOMPAS.com/CANDRA NUGRAHA Goa Lalay, salah satu destinasi wisata baru di Desa Cigugur, Kecamatan Cigugur, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat.
Aktivitas yang bisa dilakukan wisatawan di goa ini, yakni body rafting. Wisatawan bisa menelusuri ke dalam goa sepanjang 500 meter dengan body rafting.

"Ada dua goa yang bisa disusuri sembari body rafting. Goa Cilalay sepanjang 500 meter. Dan Goa Parat sepanjang 200 meter," jelasnya.

Saat susur goa, wisatawan disuguhi dengan indahnya stalaktit yang berdiri kokoh di atas goa.

Tak hanya itu, pengelola membendung aliran sungai yang berasal dari dalam goa. Air yang membendung membentuk semacam telaga dengan air yang sangat jernih.

Saking jernihnya, ikan-ikan kecil di telaga dapat terlihat dari atas permukaan air.

Usai lelah bermain air, wisatawan membakar ikan di area Goa Lalay, Pangandaran, Jawa Barat.KOMPAS.com/CANDRA NUGRAHA Usai lelah bermain air, wisatawan membakar ikan di area Goa Lalay, Pangandaran, Jawa Barat.
Goa Cilalay baru dibuka untuk umum pada 6 Juni 2019. Tempat wisata ini dikelola oleh karang taruna bekerja sama dengan Perhutani. "Destinasi ini sedang berbenah untuk menyambut kedatangan wisatawan," kata Jenjen.

Awalnya, hanya warga lokal yang menikmati keindahan Goa Cilalay. Setelah dibuka untuk umum, banyak wisatawan dari luar yang mulai berdatangan ke sini. "Sudah ada turis asing juga. Lihat-lihat, masuk ke goa," kata Jenjen.

Karena baru dibuka, pengelola belum menetapkan tarif masuk ke destinasi wisata ini. Wisatawan hanya dikenakan tarif sewa pelampung seharga Rp 10.000.

Halaman:


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X