Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lomba Motret Satwa Berhadiah Ratusan Juta Rupiah, Yuk Ikutan...

Kompas.com - 27/07/2019, 18:00 WIB
Silvita Agmasari,
Wahyu Adityo Prodjo

Tim Redaksi

JAKARTA,KOMPAS.com - International Animal Photo Competition (IAPC) kembali digelar tahun ini. Tahun ini IAPC memasuki tahun 29, sejak rutin diselenggarakan oleh Taman Safari Indonesia (TSI) Group pada 1990.

"Misi utama kami mengajak masyarakat untuk menghargai dan mencintai satwa dengan foto foto yang membuka hati. Dari studi Michigan State University lihat foto satwa, orang bisa lebih punya hubungan batin antara manusia kepada satwa," kata Deputy Director Taman Safari Indonesia Hans Manansang di acara pembukaan IAPC, Jakarta Aquarium, Jakarta, Sabtu (27/7/2019).

Hans mengatakan foto-foto satwa dari peserta IAPC diharapkan mengingatkan manusia Indonesia menjaga alam dan isinya.

Pada IAPC 2019 hasil karya forografi dibagi menjadi tiga kategori, yakni khusus Taman Safari Indonesia, umum, dan lomba Instagram.

Kategori Taman Safari Indonesia hanya untuk hasil foto yang diambil di seluruh area grup TSI seperti Taman Safari Bogor, Taman Safari Pringen, Bali Safari & Marine Park, Batang Dolphins Center, Royal Safari Garden & Resort, serta Jakarta Aquarium.

Sedangkan untuk kategori umum, ditujukan bagi hasil foto satwa yang dipotret di mana saja selain TSI. Khusus lomba di Instagram peserta diperbolehkan memtret dengan kamera smartphone, dengan tema foto Aku dan Satwa.

Peserta International Animal Photo Competition memotretbsatwa di Jakarta Aquarium.Kompas.com/Silvita Agmasari Peserta International Animal Photo Competition memotretbsatwa di Jakarta Aquarium.

Selain lomba foto IAPC juga diisi dengan rangkaian acara seperti roadshow, workshop fotografi, animal photo hunting.

Roadshow akan diselenggarakan di Bali Safari & Marine Park pada 24 Agustus 2019, Taman Safari Bogor pada 15 September 2019, dan Taman Safari Pringen pada 12 Oktober 2019.

Jadwal pengumpulan foto di website www.aninalphotocompetition.com mulai Juli-Oktober 2019. Sama halnya dengan jadwal pengumpulan lomba foto Instagram.

Total hadiah IAPC bernilai ratusan juta rupiah berupa uang tunai dan produk Canon, dengan pemberian penghargaan pada Sabtu (2/11/2019) di Royal Safari Garden, Bogor, Jawa Barat.

Tahun ini TSI menggandeng Canon sebagai sponsor resmi dari IAPC dan id-photographer sebagai salah satu forum fotografer terbesar di Indonesia, serta Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com