8 Fakta Gunung Tangkuban Parahu, dari Sangkuriang hingga Erupsi Purba

Kompas.com - 27/07/2019, 22:00 WIB
Debu vulkanik setebal kurang lebih 5 sentimeter menyelimuti Kawah Ratu, pusat wisata Gunung Tangkuban Parahu, pasca erupsi Jumat (26/7/2019) kemarin. PUTRA PRIMA PERDANA Debu vulkanik setebal kurang lebih 5 sentimeter menyelimuti Kawah Ratu, pusat wisata Gunung Tangkuban Parahu, pasca erupsi Jumat (26/7/2019) kemarin.

KOMPAS.com – Gunung Tangkuban Parahu mengalami erupsi pada Jumat (26/07/2019) sekitar pukul 15.48 WIB.

Menurut siaran pers Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), tinggi kolom abu teramati lebih kurang 200 meter di atas puncak atau lebih kurang 2.284 meter di atas permukaan laut.

Gunung yang memiliki ketinggian 2.084 meter di atas permukaan laut (mdpl) ini terkenal sebagai kawasan yang menyediakan panorama alam cantik dengan pesona kawah-kawah di sekitarnya.

Berikut ini KompasTravel menghimpun beberapa fakta terkait Gunung Tangkuban Parahu yang mungkin belum Kamu ketahui:

1. Legenda Sangkuriang

Kisah Sangkuriang menjadi legenda yang mewarnai Gunung Tangkuban Parahu. Tak hanya warga Sunda, legenda ini juga banyak diketahui oleh masyarakat daerah lain.

Asal usul Gunung Tangkuban Parahu kerap dikisahkan tentang Sangkuriang yang menendang kapal hingga terbalik dan menjadi gunung.

Kisah bermula saat dirinya jatuh cinta dengan ibunya sendiri setelah sekian tahun tak pernah lagi bertemu dengan sang ibu.

Dayang Sumbi yang tak bersedia dinikahi Sangkuriang, akhirnya membuat sebuah permintaan sebagai syarat.

Ia meminta Sangkuriang membuatkan perahu lengkap dengan danaunya dalam waktu semalam sebelum matahari terbit.

Dengan bantuan jin, Sangkuriang hampir saja menyelesaikan permintaan Dayang Sumbi. Akan tetapi Dayang Sumbi terus berdoa kepada sang kuasa.

Halaman:
Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
komentar di artikel lainnya
Close Ads X