Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Puncak Suroloyo, Indahnya Senja di Atap Pegunungan Menoreh

Kompas.com - 29/07/2019, 14:12 WIB
Anggara Wikan Prasetya,
Sri Anindiati Nursastri

Tim Redaksi

KULON PROGO, KOMPAS.com – Musim kemarau merupakan saat yang tepat bagi para pemburu keindahan matahari terbenam. Salah satu lokasi terbaik untuk menyaksikan keindahan sunset adalah Puncak Suroloyo.

Selain cocok untuk menyaksikan keindahan matahari terbenam, Puncak Suroloyo juga terletak di ujung hamparan Pegunungan Menoreh yang membatasi Provinsi Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta, tepatnya Kabupaten Kulon Progo dengan Magelang.

Baca juga: Gunung Kunir, Spot Sunset Menawan yang Tersembunyi di Purworejo

Jika ditempuh dari pusat Kota Yogyakarta, jarak tempuh menuju Puncak Suroloyo adalah sekitar 33 kilometer. Jarak itu bisa ditempuh dalam waktu 1,5 sampai dua jam karena harus melewati medan pegunungan nantinya.

Puncak Suroloyo tepatnya berada di Dusun Keceme, Desa Gerbosari, Kecamatan Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Obyek wisata ini memiliki ketinggian sekitar 1.019 meter di atas permukaan laut (mdpl).

Atap dinding hijau Pegunungan Menoreh

Berada di Puncak Suroloyo seolah sedang berada di atap benteng raksasa yang berwarna hijau. Hal itu wajar karena Pegunungan Menoreh tampak memanjang bagai benteng yang membatasi Kabupaten Magelang dengan Kulon Progo.

Selain memanjang dari timur ke barat, sisi utara Pegunungan Menoreh dan Puncak Suroloyo merupakan jurang yang cukup dalam. Hal itu semakin menguatkan kesan jika pegunungan ini merupakan sebuah dinding raksasa.

Gunung Sumbing dilihat dari Puncak Suroloyo.KOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYA Gunung Sumbing dilihat dari Puncak Suroloyo.

Jika pemandangan ke arah utara biasanya terhalang oleh Pegunungan Menoreh, maka hal itu tidak berlaku di Puncak Suroloyo. Panorama ke arah utara atau Magelang tampak begitu jelas dari salah satu titik tertinggi Pegunungan Menoreh ini.

Tentu saja hal itu menjadikan Puncak Suroloyo sebagai obyek wisata favorit para pencinta wisata ketinggian atau para fotografer. Memang pemandangan yang tersaji di sini begitu indah, terutama jika cuaca sedang cerah.

Keindahan panorama alam di Puncak Suroloyo

Jika hendak berkunjung ke Puncak Suroloyo, maka akan lebih baik jika sampai di sana sekitar pukul 04.00 WIB, meski matahari terbenam pada musim kemarau sekitar Juli-September adalah sekitar pukul 17.30 WIB.

Hal itu karena suasana dan keindahan panorama yang tersaji di Puncak Suroloyo sangat disayangkan jika tidak dinikmati terlebih dahulu. Jika langsung datang saat momen sunset, maka waktu untuk menikmati pemandangan hanya sebentar saja.

Gunung Merapi dan Merbabu Dilihat dari Puncak Suroloyo.KOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYA Gunung Merapi dan Merbabu Dilihat dari Puncak Suroloyo.

Dari Puncak Suroloyo, tersaji panorama gunung-gunung tinggi di Jawa Tengah yang terlihat dari ketinggian. Mulai dari Merapi-Merbabu di sisi timur laut, hingga Sumbing dan Sindoro di sisi utara, semuanya tampak begitu indah

Sementara itu saat cuaca benar-benar cerah, pesisir selatan Yogyakarta tidak mau ketinggalan untuk menyajikan pesona keindahannya. Ombak pantai akan tampak bagaikan garis putih yang memanjang di sepanjang pantai selatan.

Syahdunya sunset di Puncak Suroloyo

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com