Sensasi Sop Qaisar di Lhoksmauwe, Selalu Penuh Pengunjung saat Siang Hari

Kompas.com - 29/07/2019, 17:06 WIB
Sop qaisar di Desa Pusong Lama, Kecamatan Banda Sakti, Kota Lhokseumawe, Senin (29/7/2019) KOMPAS.com/MASRIADISop qaisar di Desa Pusong Lama, Kecamatan Banda Sakti, Kota Lhokseumawe, Senin (29/7/2019)


KOMPAS.com - Bangunan satu pintu dua lantai itu dipenuhi pengunjung, Senin (29/7/2019). Letaknya di Desa Pusong Lama, Kecamatan Banda Sakti, Kota Lhokseumawe, persis di depan gereja HKBP Kota Lhokseumawe.

Itulah Qaisar Sop. Warung itu didirikan empat tahun lalu. Siang itu, Erniati, sang pemilik warung berada di balik meja menu. Wadah kuah sop mendidih di atas meja. Daging ayam dan sapi serta tulangnya ditumpuk dalam wadah lain.

Buka sejak pukul 09.00 WIB, warung itu menyiapkan menu sop untuk makan siang dan makan malam. Dalam sehari, puluhan kilogram daging sapi, ayam dan tulang laris manis.

Tersedia menu sop daging ayam, daging sapi, dan sop campur. Sop campur ini dipadu-padankan dengan daging sapi, tulang dan lemak.

Erniati sedang membungkus  sop dagung di Qaisar Sop, Desa Pusong Lama, Kecamatan Banda Sakti, Kota Lhokseumawe, Senin (29/7/2019)KOMPAS.com/MASRIADI Erniati sedang membungkus sop dagung di Qaisar Sop, Desa Pusong Lama, Kecamatan Banda Sakti, Kota Lhokseumawe, Senin (29/7/2019)

Sop itu diletakan dalam mangkuk, disediakan jeruk nipis untuk dibubuhkan sendiri oleh pengunjung. Ada juga kecap manis dan cabai rawit yang digiling. Cabai ini sungguh pedas. Jadi, pengunjung harus menakar sesuai kebutuhan.

Rasa sop ini sungguh nikmat. Daging nan empuk, kuahnya yang sungguh pas di lidah. Terasa nikmat. Tanpa penyedap rasa buatan. Padu padat daun sop, dan racikan bumbu khusus buatan Erniati semakin membuat lidah ketagihan.

“Pengunjung mulai ramai itu sekitar jam 11.30 WIB. Karena kami siapkan untuk makan siang dan malam saja. Kalau malam hanya sampai jam 22.00 WIB,” kata Erniati.

Bisnis kuliner milik keluarga ini pun dikerjakan bersama. Erni menjadi peracik bumbu dan memasak sop.

Pengunjung di Qaisar Sop, Desa Pusong Lama, Kecamatan Banda Sakti, Kota Lhokseumawe, Senin (29/7/2019)KOMPAS.com/MASRIADI Pengunjung di Qaisar Sop, Desa Pusong Lama, Kecamatan Banda Sakti, Kota Lhokseumawe, Senin (29/7/2019)
Dua putrinya membantu melayani menyiapkan aneka jus dan minuman segar yang dipesan pengunjung. Sang suami turut mengangkat menu ke meja pengunjung.

“Kalau soal rasa itu relatif. Ada yang cocok ada yang tidak cocok. Tapi bagi saya, terpenting itu cocok di lidah pengunjung. Itu yang kami usahakan, agar di lidah pengunjung itu pas,” kata Erni.

Menjelang siang warung itu penuh sesak. Meja yang tersedia penuh pengunjung sehingga tak banyak waktu bersantai bagi pengunjung selepas menikmati makan siang. Karena, pengunjung lainnya sudah menunggu.

Jika Anda berkunjung ke Lhokseumawe, tampaknya sop ini perlu dijadikan salah satu penganan yang patut dicoba. Rasakan empuknya daging dan lezatnya kuah sop. Silakan menikmati.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X