Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Yuk, Coba Mancing di Atas Tebing di Pantai Gunungkidul

Kompas.com - 29/07/2019, 18:13 WIB
Markus Yuwono,
Wahyu Adityo Prodjo

Tim Redaksi

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Berkunjung ke Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta, tak hanya bisa menikmati keindahan pantainya. Bagi yang menginginkan berwisata sambil memancing ternyata Gunungkidul merupakan spot yang asyik bagi penyuka memancing di atas tebing. 

Tebing pantai di daerah Gunungkidul seakan akan tak ada habisnya mulai dari daerah timur Gunungkidul yaitu daerah Kecamatan Girisubo hingga wilayah barat daerah Panggang.

Potensi itulah yang dicoba oleh komunitas Handayani Rock Fishing (HRF) untuk ikut serta dalam mempromosikan wisata minat khusus. 

Salah satu pemancing yang tergabung dalam HRF, Fajar Guntoro menyampaikan, hampir seluruh tebing di kawasan pantai selatan Gunungkidul memiliki potensi untuk memancing.

Hal itu terbukti dari sudah beberapa tahun terakhir dirinya memancing dari ujung timur sampai barat hasilnya cukup baik.

Meski diakuinya untuk memancing melalui tebing harus melihat situasi angin hingga ombak, jika tidak ingin gagal dalam perburuan.

"Paling potensial menurut saya itu Pulau Kalong, daerah Wediombo, di Girisubo. Itu target mancing mania rock fishing. Biasanya ikan GT (Giant Traveling), Kakap sampai kerapu banyak di sana," ucapnya ditemui di Pantai Baron, Minggu (28/7/2019).

"Selain itu spot bagus juga ada di Pantai Kesirat, Bekah, pokoknya banyak sekali. Ada ratusan hampir 200-an spot rock fishing. Untuk yang suka menggunakan kapal jukung juga ada. Pantainya yang suka memancing dengan kapal ada di delapan titik pantai," ucapnya.  

Para Pemancing Saat Memancing di Kawasan Pantai Gunungkidul (Ist Dokumentasi Handayani Rock Fishing) MARKUS YUWONO Para Pemancing Saat Memancing di Kawasan Pantai Gunungkidul (Ist Dokumentasi Handayani Rock Fishing)
Menurutnya, dengan banyaknya potensi ini bisa menarik kunjungan wisatawan yang ingin merasakan sesasi berlibur sambil camping dan memancing. Nantinya saat memancing juga disuguhi pemandangan alam yang cukup indah dari atas tebing pantai Gunungkidul.

"Untuk sampah plastik yang saat ini banyak disoroti, kalau di Gunungkidul lautnya tergolong bersih ya. Ada sampah tetapi tidak terlalu banyaklah," ujarnya. 

Komunitas pemancing ini juga mengajak para pemancing dari seluruh Indonesia mencoba spot di Gunungkidul, salah satunya menggelar lomba. Ia mengatakan sebanyak 104 tim yang ikut GRFT 2019 didampingi satu pengawas.

Pengawas tersebut direkrut dari masyarakat sekitar Pantai Baron, Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari.

"Kita juga tadi melombakan untu pengawas siapa yang banyak memungut sampah akan mendapatkan hadiah sepeda. Seperti ini maka secara tidak langsung kami mengajak para pemancing untuk tidak membuang sampah plastik sembarangan," katanya.

Fajar mengatakan kondisi laut selatan Kabupaten Gunungkidul saat ini masih sangat asri. Ia menambahkan, jarang sekali menemukan sampah-sampah plastik.

"Untuk itu kelestarian laut harus tetap dijaga,' katanya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com