Geosite Sipinsur, Spot Cantik di Danau Toba yang Didatangi Jokowi

Kompas.com - 29/07/2019, 22:27 WIB
Presiden Jokowi dan Ibu Iriana di Geopark Sipinsur https://www.instagram.com/jokowi/Presiden Jokowi dan Ibu Iriana di Geopark Sipinsur


KOMPAS.com – Presiden Joko Widodo terlihat mengunggah di akun Instagram resminya, @jokowi, foto kebersamaannya bersama Ibu Iriana di sebuah lokasi. Tempat tersebut berlatar danau dengan perbukitan kecil di tengahnya.

Foto tersebut tampak cantik memadukan panorama hijau kepulauan serta hamparan biru perairan yang tak berujung.

“Dari bandara, saya langsung ke Kabupaten Humbang Hasundutan, mengunjungi lokasi rencana pengembangan Quick Win Sipinsur Geosite di Desa Parulohan, tempat saya dan Ibu Negara berdiri ini,” tulis Jokowi dalam keterangan post tersebut.

Apa sebenarnya Geosite Sipinsur itu? Berikut KompasTravel merangkum pesona-pesona Gepark Sipinsur agar Kamu paham keindahan tempat ini:

1. Dikelilingi Hutan Pinus

Geosite Sipinsur menyajikan pemandangan berlatar Danau Toba yang terlihat biru membentang. Uniknya kawasan ini dikelilingi hutan-hutan pinus yang membuat pemandangan kian cantik.

Suasana tempat ini terasa syahdu. Tenang dengan suara desiran angin dan kicau burung serta suara tonggeret bak terompet di sekitar hutan.

Menikmati tempat ini dengan sekadar duduk menikmati pemandangan pun, rasanya sudah sangat menyenangkan.

2. Memiliki karakter mirip Orchid Forest

Kawasan Geosite Sipinsur berada di Kabupaten Humbang Hasundutan, Sumatera Utara.

Menteri Pariwisata Arief Yahya menilai Geosite Sipinsur memiliki karakter alam mirip Orchid Forest di Lembang, Bandung.

Menurutnya, geopark ini layak dikembangkan menjadi destinasi untuk wisatawan milenial dengan menambahkan Rumah Gantung dan jalan gantung.

3. Ketinggian 1.213 mdpl

Tempat ini mencakup luas sekitar 2 hektar dan berada di ketinggian 1.213 meter di atas permukaan laut. Udara yang cukup sejuk membuat wisatawan betah berlama-lama di tempat ini.

4. Saat libur dikunjungi hingga lima ribu wisatawan

Geosite Sipinsur ramai wisatawan pada hari libur atau akhir pekan. Dari situs resmi pariwisata Indonesia, jumlah wisatawan bahkan bisa mencapai lima ribu orang.

Ke depan, rencananya juga akan disiapkan tempat musik yang biasa digunakan saat akhir pekan.

5. Dekat dengan Tempat Lain yang tak Kalah Indah

Dari Geosite Sipinsur ini, wisatawan akan langsung berhadapan dengan pulau kedua Pulau Sibandang yang bisa dicapai dalam waktu 10-15 menit perjalanan dari pelabuhan Muara. Dari Geosite Sipinsur, jarak tempuhnya sekitar 30 menit menuruni bukit dan jalan berkelok.

Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X