Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Pilihan Kota untuk Kabur dari Polusi Udara Jakarta yang Terburuk Sedunia

Kompas.com - 30/07/2019, 18:09 WIB
Silvita Agmasari,
Wahyu Adityo Prodjo

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Beberapa pekan terakhir, kualitas udara di Jakarta termasuk sebagai yang terburuk di dunia.

Data ini berdasarkan situs penyedia peta polusi daring harian kota-kota besar di dunia, Airvisual. Kualitas udara di Jakarta pada Selasa (29/7/2019) tercatat 159 kategori tidak sehat dengan parameter PM2.5 konsentrasi 70,8 ug/m3 berdasarkan US Air Quality Index (AQI).

Kabur sejenak dari Jakarta, cobalah ke lima kota di Indonesia yang punya kualitas udara yang baik dan destinasi wisata yang ciamik berikut ini:

1. Banyuwangi

Banyuwangi punya kualitas udara dari lategori "good" atau baik sampai "moderate" atau sedang. Saat ini merupakan saat yang tepat berkunjung ke daerah Banyuwangi.

Jadi waktu terbaik untuk melihat fenomena Blue Fire atau api biru abadi ddi Gunung Ijen.
Selain itu ada agrowisata Kalibendo, Pantai G Land, Pantai Teluk Hijau, dan ke Taman Nasional Baluran.

Turis asing di Pantai Pemuteran, Buleleng, BaliKOMPAS.com/Ni Luh Made Pertiwi F. Turis asing di Pantai Pemuteran, Buleleng, Bali

2. Buleleng, Bali

Kabupaten Buleleng berada di Utara Pulau Bali. Destinasi ini belum banyak turis sehingga bisa dibilang polusi memang terbilang rendah. Kualitas udara di Buleleng selama beberapa hari ke depan terpantau baik.

Buleleng juga tak kalah indah dari daerah lain di Bali. Di sini ada Pantai Lovina yang terkenal denagn wisata melihat lumba luma, banyak air terjun, Danau Buyan, dan masih banyak lagi.

3. Banda Aceh, Aceh

Kota provinsi Aceh ini punya kualitas udara yang sangat baik. Grafik udara di Banda Aceh untuk beberapa hari ke depan semua tercatat baik.

Di kota ini, kamu bisa wisata napak tilas tsumani 2006 ke berbagai museum. Kamu juga bisa menyeberang ke Pulau Sabang untuk wisata bahari, atau sekadar berwisata kuliner keliling kota dengan makanannya yang punya rasa rempah yang menggugah selera.

Pembangunan jalan tol ini dibagi menjadi dua tahap, yakni tahap 1 Manado-Airmadidi dan tahap 2 Airmadidi-Bitung.Dok. Kementerian ATR/BPN Pembangunan jalan tol ini dibagi menjadi dua tahap, yakni tahap 1 Manado-Airmadidi dan tahap 2 Airmadidi-Bitung.

4. Manado, Sulawesi Utara

Kualitas udara di Manado terpantau baik. Kota ini populer sampai ke luar negeri untuk urusan wisata baharinya.

Jika ke Manado, berkunjunglah ke Taman Nasional Bunaken, Pulau Manado Tua, Gunung Tumpa, dan berkunjung ke kota terdekat seperti Tomohon yang terkenal sebagai sentra bunga dan Bitung yang terkenal Selat Lembeh sebagai wisata selam kelas dunia.

5. Ambon, Maluku

Kota musik ini punya banyak pantai yang menarik untuk dijelajah. Seperti Pantai Pintu, Pantai Hkurila, dan Pantai Namalatu. Ambon juga menjadi gerbang untuk menuju destinasi bahari kelas dunia dari Indonesia.

Kamu bisa mampir ke Ora, Kepualauan Kei, atau Banda Neira. Dari sana ada banyak pilihan kapal dan pesawat perintis.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com