Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Tips Liburan supaya Tetap Asyik

Kompas.com - 30/07/2019, 19:00 WIB
Albert Supargo,
Wahyu Adityo Prodjo

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Traveling adalah suatu aktivitas jalan-jalan yang dilakukan seseorang atau lebih dari kota satu ke kota lainnya. Aktivitas ini biasanya dianggap sebagai hobi yang juga berguna untuk menenangkan pikiran.

Namun, bagaimana bila traveling yang  seharusnya menyenangkan, justru malah menjadi beban pikiran? Pasti akan sangat mengesalkan, bukan?

Berikut beberapa cara agar traveling kamu dapat berjalan dengan asyik dan lancar seperti dihimpun dari wawancara Ahmad Fauzan selaku pengurus Backpacker Indonesia (BPI) regional Tangerang.

1. Atur bujet keuangan

Pengeluaran adalah porsi terbesar para traveler pada umumnya. Apalagi pengeluaran yang di luar batas.

Hal ini sering terjadi di kalangan traveler pemula karena kurangnya perencanaan keuangan. Menurut Fauzan, traveler bisa berkomunikasi dengan komunitas backpaker daerah tujuan wisata. Kamu bisa minta bantuan informasi tentang penginapan dan wisata kuliner yang murah.

Biasanya, para komunitas backpacker punya basecamp yang bisa menjadi tempat tinggal sementara. Masing-masing anggota yang ingin traveling harus mencari tahu tempat-tempat wisata yang bagus dan murah.

Jadi, untuk masalah budget tergantung perjalanan mana yang ingin kamu tempuh dan tuju. Tempat seperti apa yang mau kamu kunjungi, apakah alam atau tempat-tempat lain.

Cari tahu dari jauh-jauh hari sebelum ingin berangkat tempat-tempat yang bagus dan memiliki bujet murah.

2. Pahami daerah tujuan kamu

Kurangnya pengetahuan tentang daerah tujuan bisa berakibat fatal terhadap perjalanan kamu. Banyak pelancong yang tersesat bahkan tertipu dikarenakan meremehkan hal ini.

Fauzan mengatakan pentingnya mengenal budaya dan bahasa yang ada di daerah tujuan. Dengan mengenal sedikit budaya daerah tujuan, pelancong dapat terhindar dari kesalahpahaman dengan warga setempat.

Dengan sedikit pengetahuan bahasa daerah di tempat tujuan wisata, terkadang kamu bisa mendapat harga spesial.

3. Tentukan tujuan traveling

Dalam berpergian kita juga harus fokus ke tempat tujuan yang ingin kita kunjungi, apakah mau ke alam atau ketempat-tempat yang unik.

Fokus dalam mempersiapkan hal apapun yang berkaitan dengan traveling seperti meriset harga tiket, perkiraan cuaca, perencanaan perjalanan, membawa alat pribadi.

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah perencanaan terdekat yang ingin dilakukan. Jika kamu fokus untuk tujuan traveling tertentu, itu bisa menekan biaya liburanmu.

4. Atur startegi untuk travelling bersama kelompok

Bila berlibur lebih dari satu orang, kamu juga perlu bekerjasama terkait keamanan dalam perjalanan.

Kamu perlu menjaga komunikasi yang baik bagi sesama anggota dan juga sebelum melakukan traveling.

Kamu juga harus memikirkan matang-matang kemana tujuan yang ingin kamu tuju, agar tidak terjadi konflik saat dalam perjalanan berlangsung.

Kesepakatan bersama sebelum berpergian dan kekompakan sesama anggota juga menjadi hal yang penting.

Dengan adanya anggota atau orang lain, kamu tidak boleh hanya memikirkan diri sendiri saat berpergian. Hal itu dapat merugikan orang lain atau banyak anggota.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com