Mau Gratis ke Raja Ampat? Yuk Ikuti Kompetisi Foto ISTPC 2019!

Kompas.com - 31/07/2019, 08:21 WIB
Wisatawan menikmati pemandangan gugusan pulau karst dari Bukit Piaynemo, Desa Pam, Kecamatan Waigeo Barat Kepulauan, Kabupaten Raja Ampat, Papua Barat, Senin (31/11/2016). KOMPAS.COM/WAHYU ADITYO PRODJOWisatawan menikmati pemandangan gugusan pulau karst dari Bukit Piaynemo, Desa Pam, Kecamatan Waigeo Barat Kepulauan, Kabupaten Raja Ampat, Papua Barat, Senin (31/11/2016).

KOMPAS.com – Bertempat di Aula Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret (UNS), Kementerian Pariwisata mengadakan acara sosialisasi mengenai program Pariwisata Bekelanjutan, sekaligus peluncuran Indonesia Sustainable Tourism Photo Competition (ISTPC) 2019 pada Senin (29/7/2019).

Sebanyak 270 mahasiswa UNS, utamanya mahasiswa Fakultas Ilmu Budaya progdi Usaha Perjalanan Wisata (UPW) ikut menyaksikan acara ini.

Kompetisi umum berupa Lomba Foto ISTPC 2019 kali ini menawarkan hadiah menarik berupa trip ke Raja Ampat untuk 6 orang pemenang selama 5 Hari 4 Malam.

Baca juga: Kini Semakin Mudah ke Raja Ampat dan Gili Trawangan, Airasia Buka Rute ke Sorong, Semarang dan Lombok

ISTPC 2019 mengambil tema “Pariwisata Berbudaya, Lestari dan Sejahtera” atau 3 P “People, Planet, Prosperity” dimana kontes foto ini memiliki tujuan untuk mempromosikan nilai-nilai pariwisata berkelanjutan.

Peluncuran ISTPC2019 di Aula Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret (UNS) pada Senin (29/07/2019)KOMPAS.com/NUR ROHMI AIDA Peluncuran ISTPC2019 di Aula Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret (UNS) pada Senin (29/07/2019)
Kompetisi lomba foto ISTPC 2019 adalah kontes foto kali ke dua yang diadakan oleh Kementerian Pariwisata dan akan terselenggara pada 29 Juli 2019 hingga 25 Agustus 2019. Sebelumnya, kontes serupa pernah diadakan pada tahun 2018 dengan hadiah perjalanan ke Bali dan Labuan Bajo.

“Kalau sebelumnya kontes diikuti oleh peserta dari beberapa negara, sekarang kita fokus pada lokal,” tutur Valerina Daniel, Ketua Tim Percepatan Pembangunan Pariwisata Berkelanjutan, kepada Kompas Travel.

Baca juga: Ketika Raja Ampat Jadi Tempat Kumpulnya Orang-orang Inspiratif

Lebih lanjut Valerina menjelaskan, hal tersebut karena tujuan ISTPC kali ini sekaligus untuk mensosialisasikan nilai-nilai pariwisata berkelanjutan kepada masyarakat.

Bertindak sebagai juri untuk Kompetisi Lomba Foto ISTPC2019, Valerina menyebut dirinya sebagai salah satu juri dibantu oleh tim konten dari Kementerian Pariwisata.

Obyek wisata Pasir Timbul di Kabupaten Raja Ampat, Papua Barat.KOMPAS.COM/WAHYU ADITYO PRODJO Obyek wisata Pasir Timbul di Kabupaten Raja Ampat, Papua Barat.
Untuk penilaian pemenang nanti, Valerina menyebut tentang pentingnya unsur 3 P dalam foto peserta.

“Foto yang bagus pasti lah ya, tapi yang penting memuat unsur 3 P, People Planet dan Prosperity,” tuturnya.

Baca juga: Pengembangan Pariwisata Papua Barat Harus Nebeng Raja Ampat

ISTPC sendiri merupakan rangkaian acara Indonesia Sustainable Tourism Awards (ISTA) Festival yang akan diselenggarakan pada tanggal 26 September 2019 di Jakarta.

ISTAFest bertujuan untuk mensosialisasikan mengenai pemahaman pariwisata berkelanjutan sekaligus guna mempromosikan destinasi pariwisata yang sudah menerapkannya sesuai Peraturan Menteri Pariwisata No. 14 Tahun 2016.

Beberapa rangkaian acara ISTAFest sendiri adalah Indonesia Sustainable Tourism Awards (ISTA), Indonesia Sustainable Tourism Forum (ISTAForum), Indonesia Sustainable Tourism Mart (ISTAMart) serta Indonesia Sustainable Tourism Photo Competition (ISTPC).

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X