Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Khao San Road, Pusat Backpacker Legendaris di Thailand Direvitalisasi

Kompas.com - 01/08/2019, 19:11 WIB
Silvita Agmasari,
Wahyu Adityo Prodjo

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah Bangkok akan merevitalisasi Khao San Road, pusat backpacker legendaris di Bangkok. Revitalisasi direncanakan akan berjalan selama tujuh bulan ke depan.

Wakil Gubernur Bangkok Sakonthee Patthiyakul dilansir dari Thai PBS World mengatakan revitaliasi akan dilakukan dengan mengangkat permukaan Khao San Road agar sama dengan jalur trotoar.

Bebatuan granit di sekitar Khaso San Road akan diganti, dan memberlakukan zonasi terhadap 240 pedagang kaki lima yang membuka lapak di jalur trotoar.

Untuk menjaga lalu lintas Khao San Road yang terbilang padat, pemerintah setempat akan menanam tiang baja besi yang berguna membatasi jalur lalu lintas satu arah.

Revitaliasi ini memakan biaya sebesar 48 juta baht atau setara Rp 22 miliar dan telah disiapkan oleh pemerintah.

Revitalisasi Khao San Road juga menjadi momen pemerintah menerapkan aturan waktu operasional pedagang kaki lima yang berlaku dari pukul 09.00-21.00 waktu setempat.

Kontrak pedagang kaki lima juga akan diperbarui setiap dua tahun sekali untuk menghindari monopoli bisnis. Biaya sewa kios juga akan langsung dibayar ke pemerintah setempat.

Untuk gerobak penjual makanan, minuman, dan buah tidak boleh lagi masuk ke Khao San Road.

Beberapa dekade terakhir, Khao San Road yang memiliki panjang 400 meter telah menjadi pusat backpacker dari seluruh dunia. Jalanan ini penuh dengan dengan restoran, kafe, club, hostel, dan pedagang kaki lima yang menjual suvenir atau makanan khas Thiland.

Khao San Road juga jadi salah satu destinasi ikonik di Bangkok yang sering dijadikan latar film-film Hollywood.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com