Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Soto Sampah sampai Soto Sawah, 5 Tempat Rekomendasi Soto di Yogyakarta

Kompas.com - 02/08/2019, 10:07 WIB
Silvita Agmasari,
I Made Asdhiana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menemukan warung makan spesial soto di Yogyakarta bukan hal sulit. Soto jadi andalan warga Yogyakarta untuk sarapan.

Tak hanya soto seger berbagai jenis soto juga dijual di Yogyakarta, menyesuaikan selera para pendatang khususnya mahasiswa.

Berikut ini adalah lima tempat rekomendasi makan soto di Yogyakarta, dari soto sampah sampai soto sawah:

1. Soto Sampah

Soto Sampah beralamat di Jalan Kranggan Nomor 2, Jetis. Lokasinya dekat Pasar Kranggan. Warung soto ini terbilang istimewa lantaran buka hampir 24 jam, tepatnya pukul 07.00-03.30.

Dilansir dari Tribun Jogja, pemilik Soto Sampah, Wahyu menyebutkan nama soto sampah diberikan oleh para pengunjung lantaran penyajiannya yang tampak tak beraturan di piring.

Soto sampah menggunakan bagian gajih sapi berurat, sehingga membuatnya berbeda dengan soto pada umumnya. Sebagai lauk pendamping, soto kuah bening ini disajikan dengan pilihan mendoan dan aneka sate seperti sate telur puyuh dan sate usus.

2. Soto Pak Marto

Soto Pak Marto dibuka sejak 1960, lokasinya di Jalan Mayor Jenderal S. Parman Nomor 44, Notoprajan. Soto Pak Marto ini adalah andalan untuk sarapan, sebab rasa kaldu yang rigan dan isian sederhana porsinya juga tidak terlalu besar.

Ciri khas dari Soto Pak Marto adalah soto kuah bening dari kaldu sapi. Jika ingin menambah isian soto dengan babat, iso, lidah, jantung, dan ginjal sapi juga tersedia.

Saat ini Soto Pak Marto memiliki 10 cabang yang tersebar di seluruh Yogyakarta. Warung di Jalan S Parman buka pukul 05.30-15.00.

Soto Bathok Mbah Katro di Dusun Sambisari, Desa Purwomartani, Kecamatan Kalasan, Kabupaten Sleman, DI Yogyakarta yang semerbak kaldu sapi dan taburan daun seledri. Disajikan di dalam tempurung kelapa lengkap dengan lauk pauknyaTRIBUN JOGJA/HAMIM THOHARI Soto Bathok Mbah Katro di Dusun Sambisari, Desa Purwomartani, Kecamatan Kalasan, Kabupaten Sleman, DI Yogyakarta yang semerbak kaldu sapi dan taburan daun seledri. Disajikan di dalam tempurung kelapa lengkap dengan lauk pauknya

3. Soto Bathok Mbah Karto

Saat musim liburan tiba, warung Soto Bathok Mbah Karto biasanya ramai pengunjung. Warung ini terkenal bukan hanya karena kelezatan soto, tetapi lokasinya yang berada di tengah area persawahan Dusun Sambisasri, Desa Purwomartani, Sleman.

Ciri khas soto ini adalah mangkuknya yang terbuat dari batok kelapa, selain itu kuah soto berasal dari kaldu sapi. Sebagai pelengkap ada aneka lauk yang disediakan bagi pengunjung. Warung soto ini buka pukul 06.00-16.00.

4. Soto Sawah Bu Hadi

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com