3 Daerah di Indonesia Bagian Timur Ini Ada Situs Peninggalan Perang Dunia II

Kompas.com - 02/08/2019, 22:05 WIB
Tank peninggalan Perang Dunia II di Tambrauw. https://pesona.travelTank peninggalan Perang Dunia II di Tambrauw.


KOMPAS.com – Ada banyak aktivitas wisata yang bisa dilakukan saat traveling ke suatu tempat.

Diantaranya adalah dengan mengunjungi taman-taman bermain, susur sungai,mengunjungi pantai, atau paralayang.

Namun pernahkah kamu membayangkan, melakukan aktivitas wisata yang lain dari biasanya? Kamu bisa berkunjung ke tempat-tempat yang memiliki peninggalan perang dunia.

Mungkin tak banyak yang tahu bahwa di Indonesia memiliki beberapa tempat untuk melongok peninggalan perang dunia:

1. Biak

Kondisi mulut Goa Jepang di Biak Numfor, Papua Barat saat dikunjungi Ekspedisi Bumi Cenderawasih Mapala UI . Ekspedisi Bumi Cenderawasih bertujuan untuk menyingkap potensi wisata di Papua Barat.DOK. MAPALA UI Kondisi mulut Goa Jepang di Biak Numfor, Papua Barat saat dikunjungi Ekspedisi Bumi Cenderawasih Mapala UI . Ekspedisi Bumi Cenderawasih bertujuan untuk menyingkap potensi wisata di Papua Barat.
Di Biak, Papua, terdapat peninggalan perang dunia dua yang tertinggal di dalam lokasi sebuah goa. Goa tersebut bernama “Goa Jepang”

Aneka koleksi peninggalan perang dunia dua terletak tak jauh dari koleksi noken, tas anyam cantik dan barang-barang lain yang bisa dibeli sebagai suvenir.

Di tempat ini beberapa koleksi peninggalan perang dunia dua adalah adanya koleksi misil, bom, dan peluru yang dibentuk melingkari senapan otomatis yang dikeluarkan tahun 1940-an oleh Jepang.

Nama asli dari Goa Jepang ini adalah goa Binsari. Lokasi situs ini menjadi saksi bisu pertempuran Jepang melawan sekutu.

Kisah tragis mewarnai Goa Jepang ini. Pada pengeboman tentara sekutu yang dilakukan pada tahun 1944. Peristiwa itu menewaskan sekitar 3.000 prajurit yang terkubur hidup-hidup di goa alami ini.

Di bagian luar goa ini terdapat Monumen Perang Dunia II yang terletak sekitar 7 km dari situs goa.

2. Morotai

Wisata Air Kaca yang digunakan tentara sekutu Amerika dan Australia untuk mamndi dan keperluan hidup sehari-hariKOMPAS.com/YAMIN ABD HASAN Wisata Air Kaca yang digunakan tentara sekutu Amerika dan Australia untuk mamndi dan keperluan hidup sehari-hari
Morotai merupakan salah satu pulau terluar di Indonesia yang lokasinya berada di Kepulauan Halmahera Provinsi Maluku Utara.

Luas pulau ini adalah sekitar 1.800 m2 dan berbatasan langsung dengan Samudra Pasifik dan Filipina.

Tahun 1942, Jepang mendarat di Morotai. Dalam pendaratan ini, Jepang membawa satu batalyon dan membangun lapangan terbang militer dan menempatkan kapal perangnya di wilayah Halmahera.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X