Yuk Menikmati Istana Ornamen di Goa Song Gilap

Kompas.com - 06/08/2019, 08:11 WIB
Jalan Menuju Gua Song GilapMARKUS YUWONO Jalan Menuju Gua Song Gilap

YOGYAKARTA, KOMPAS. com - Mengunjungi Kabupaten Gunungkidul, DI Yogyakarta, wisatawan dimanjakan dengan panjangnya titik pantai, wisata alam, dan belasan goa yang sudah dibuka untuk umum.

Salah satu goa yang menarik perhatian pengunjung minat khusus yakni Goa Song Gilap di Dusun Klumpit, Desa Kenteng, Kecamatan Ponjong.

Untuk menuju ke lokasi Song Gilap, berjarak sekitar 17 kilometer atau 35 menit dengan pusat kota Wonosari, Gunungkidul.

Baca juga: Asal Usul Nama Goa Batu Cermin yang Dikunjungi Jokowi

Sesampainya di Desa Kenteng, pengunjung harus menyusuri jalan cor blok dengan kontur naik turun hingga Dusun Klumpit.

Menuju SD Klumpit ada simpang 3 itu pengunjung mengambil jalur yang terbuat dari cor beton. Sesampainya di sana pengunjung terdapat plakat bertuliskan 'Goa Gilap'.

Mulut Goa Song Gilap di Kabupaten Gunungkidul, DI YogyakartaKOMPAS.com/MARKUS YUWONO Mulut Goa Song Gilap di Kabupaten Gunungkidul, DI Yogyakarta
Terdapat puluhan anak yang mengarah ke bawah, tepatnya ke Goa Gilap. Sesampainya mulut goa sudah disambut stalaktit yang memanjakan mata pengunjung.

Pemandu wisata Goa Song Gilap, Joko Wastiyo mengatakan, keistimewaan Goa Song Gilap dibanding goa lainnya yakni adanya istana ornamen di dalam goa.

Halaman:
Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
komentar di artikel lainnya
Close Ads X