4 Fakta Menarik dari Kopi Sumatera

Kompas.com - 06/08/2019, 10:17 WIB
Biji kopi Sumatra StarbucksKOMPAS.com/KAHFI DIRGA CAHYA Biji kopi Sumatra Starbucks

JAKARTA, KOMPAS.com - Indonesia merupakan salah satu negara penghasil kopi terbesar di dunia. Negara kita memiliki beragam kopi yang ditanam di penjuru negeri.

“Biasanya, penamaan kopi dilakukan bedasarkan tempat dan daerah kopi di tanam,” sebut Ibnu, seorang barista yang sudah berpengalaman selama 6 tahun.

Ia menambahkan, setiap pulau di Indonesia memiliki kopi daerahnya masing-masing, salah satunya kopi sumatera.

IlustrasiAlbert Supargo Ilustrasi
“Saya pribadi sangat menikmati kopi Sumatera,” katanya.

Rasa pahitnya yang tebal, menyebabkan kopi dari pulau ini, sangat cocok untuk kamu yang merokok. Selain itu, dia juga menjabarkan beberapa fakta menarik tentang kopi Sumatera.

1. Asal Usulnya

“Yang saya baca, kopi Sumatera asal usulnya dari Danau Toba dan berawal di tahun 1884," kata Ibnu kepada KompasTravel, Senin (8/5/2019).

Faktanya, Danau Toba merupakan danau vulkanik terbesar di dunia. Ibnu menambahkan tanah pasca vulanik memiliki banyak unsur hara yang cocok untuk penanaman kopi.

2. Tipe Kopi yang Ditanam di Sumatera

Ibnu menjelaskan banyak sekali tipe kopi yang ditanam di Sumatera. “Untuk Arabika ada, tipe Linie S dan Typica, sedangkan untuk Robusta, ada Catimor,” ujarnya.

Tipe-tipe kopi ini memiliki sejarahnya masing-masing. “Typica awalnya dibawah dari Pulau Jawa dan ditanam di Sumatera. Tipe ini sudah jarang ditemukan di Indonesia, hanya di perkebunan kopi di dataran yang sangat tinggi,” kata Ibnu.

Sementara untuk Linie S merupakan hasil perkawinan silang antara Liberika dan Bourbon.

Halaman:
Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
komentar di artikel lainnya
Close Ads X