7 Gunung Berapi Spektakuler di Dunia, Salah Satunya Ada di Indonesia

Kompas.com - 07/08/2019, 19:09 WIB
Puncak Gunung Merapi Dilihat dari Wisata Kali Talang, Klaten. Kompas.com/Anggara Wikan PrasetyaPuncak Gunung Merapi Dilihat dari Wisata Kali Talang, Klaten.

JAKARTA, KOMPAS.com - Mendaki gunung saat ini menjadi salah satu pilihan aktivitas liburan bagi turis Indonesia.

Situs wisata luar negeri traveler.com.au merangkum, beberapa gunung paling spektakuler di dunia yang mungkin bisa jadi pilihan tempat wisata kamu:

1. Cotopaxi, Ekuador

Gunung CotopaxiAlbert Supargo Gunung Cotopaxi
Gunung berapi ini merupakan obyek wisata andalan dari Taman Nasional Cotopaxi dekat Quito. Ketinggian gunung ini mencapai 5.797 meter.

Puncak gunung yang kadang-kadang memuntahkan asap dan bergemuruh membuat gunung ini hanya diperuntukan untuk kamu pendaki berpengalaman.

Gunung ini adalah bagian dari Avenue of Volcanoes Ekuador, yang menampilkan 14 gunung berapi yang terbentang di koridor sepanjang 200 kilometer, dan memuncak di Chimborazo dengan ketinggian 6262 meter.

2. Kilauela, Amerika Serikat

Puncak Gunung Kilauela Amerika SerikatAlbert Supargo Puncak Gunung Kilauela Amerika Serikat
Kini, wisatawan bisa mengunjungi Taman Nasional Gunung Api Hawaii. Pasalnya, gunung ini pernah menjadi berita utama baru-baru ini ketika meletus, menghancurkan infrastruktur dan ratusan rumah serta mengubah lanskap taman nasional.

Hasilnya, sekarang kamu bisa berjalan di bagian puncak kawah Kilauea, yang sekarang empat kali lebih besar.

Danau lava bercahaya yang terkenal telah menghilang, tetapi garis pantai baru menampilkan singkapan lava bergerigi dan pantai berpasir hitam.

3. Vesuvius, Italia

Penampakan Gunung Vesuvius dari pusat kotaAlbert Supargo Penampakan Gunung Vesuvius dari pusat kota
Vesuvius tampak sangat dekat dengan Naples, dengan pinggiran kota dan kebun-kebun anggur yang ada di lerengnya.

Di dekatnya, ada dua situs arkeologi Romawi Pompeii dan Herculaneum, keduanya hancur oleh letusan besar-besaran oleh gunung ini.

Kamu dapat naik ke tepi gunung berapi aktif satu-satunya di daratan Eropa untuk pemandangan menakjubkan ke kawah.

Kunjungi observatorium untuk mengetahui informasi latar belakang vulkanologi.

4. Gunung Fuji

Gunung FujiAlbert Supargo Gunung Fuji
Kebanyakan orang Jepang tertarik untuk melakukan pendakian yang sulit ke puncak gunung berapi setinggi 3.776 meter dia ini. Setelah berhasil mencapai puncak Gunung Fuji, kamu akan dianugerahi lencana merah.

Untuk dapat menikmati gunung ini, kamu bisa memandang keindahan Gunung Fuji dari kejauhan. Pada hari yang cerah, kamu dapat melihatnya dari Tokyo atau dari jendela kereta api yang lewat di kota Fuji.

5. Bromo, Indonesia

Gunung BromoAlbert Supargo Gunung Bromo
Taman Nasional Bromo Tengger Semeru adalah tempat ajaib dengan pemandangan vulkanik, dataran tinggi dramatis, danau, dan pemandangan spektakuler.

Meskipun merupakan rumah bagi gunung tertinggi di Jawa yakni Gunung Semeru, sebagian besar pengunjung menuju ke Gunung Bromo yang lebih mudah diakses.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X