Kebakaran di Blok Goa Walet, Seluruh Jalur Pendakian Gunung Ciremai Ditutup

Kompas.com - 07/08/2019, 23:07 WIB
Kobaran api membakar kawasan hutan Gunung Ciremai Kabupaten Kuningan Jawa Barat, Senin Malam, (5/10/2015). Petugas BTNGC menduga kebakaran disebabkan kelalaian orang yang tidak bertanggung jawan hingga menyebabkan kebakaran terus meluas. KOMPAS.com / MUHAMAD SYAHRI ROMDHONKobaran api membakar kawasan hutan Gunung Ciremai Kabupaten Kuningan Jawa Barat, Senin Malam, (5/10/2015). Petugas BTNGC menduga kebakaran disebabkan kelalaian orang yang tidak bertanggung jawan hingga menyebabkan kebakaran terus meluas.

JAKARTA, KOMPAS.com - Balai Taman Nasional Gunung Ciremai menutup seluruh jalur pendakian Gunung Ciremai, Jawa Barat dari aktivitas pendakian per tanggal 7 Agustus.

Penutupan jalur pendakian dilakukan karena adanya kebakaran hutan di Blok Goa Walet, di dekat Puncak Gunung Ciremai pada 7 Agustus pukul 13.00 WIB.

"Dengan ini Balai Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC) menutup kegiatan pendakian untuk umum pada 4 jalur pendakian Gunung Ciremai yaitu Apuy (Majalengka), Palutungan (Kuningan), Linggarjati (Kuningan), dan Linggasana (Kuningan)," kata Kepala Taman Nasional Gunung Ciremai, Kuswandono saat dikonfirmasi KompasTravel, Rabu (7/8) malam.

Menurut Kuswandono, penutupan jalur pendakian Gunung Ciremai dilakukan hingga waktu yang belum ditentukan. Pendaki bisa mendapatkan pengembalian biaya administrasi Surat Izin Masuk Kawasan Konservasi (Simaksi) bagi telah melakukan booking online.

"Bagi pendaki yang sudah melakukan booking online, dapat konfimasi kepada pengelola untuk dilakukan pengembalian dengan melampirkan bukti booking dan transfer," lanjut Kuswandono.

Sejumlah pendaki melintasi shelter pendakian Pos Cigowong Gunung Ciremai via jalur Palutungan, Kuningan, Jawa Barat, akhir Juli 2018.KOMPAS.com / WAHYU ADITYO PRODJO Sejumlah pendaki melintasi shelter pendakian Pos Cigowong Gunung Ciremai via jalur Palutungan, Kuningan, Jawa Barat, akhir Juli 2018.
Data dari Pusat Pengendalian Operasi Penanggulangan Bencana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (Pusdalops BPDB) Kuningan, Kepulan asap mulai terlihat pada hari Rabu tanggal 7 Agustus 2019 pukul 13.00 WIB dari wilayah Argalingga Kabupaten Majalengka.

BPBD Kuningan telah melakukan koordinasi dan pemantauan di Jalur Palutungan. BPBD Kuningan juga berupaya mengevakuasi semua pendaki yang ada di jalur pendakian baik jalur Apuy, Palutungan dan Linggarjati.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X