Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kebakaran di Blok Goa Walet, Seluruh Jalur Pendakian Gunung Ciremai Ditutup

Kompas.com - 07/08/2019, 23:07 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Balai Taman Nasional Gunung Ciremai menutup seluruh jalur pendakian Gunung Ciremai, Jawa Barat dari aktivitas pendakian per tanggal 7 Agustus.

Penutupan jalur pendakian dilakukan karena adanya kebakaran hutan di Blok Goa Walet, di dekat Puncak Gunung Ciremai pada 7 Agustus pukul 13.00 WIB.

"Dengan ini Balai Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC) menutup kegiatan pendakian untuk umum pada 4 jalur pendakian Gunung Ciremai yaitu Apuy (Majalengka), Palutungan (Kuningan), Linggarjati (Kuningan), dan Linggasana (Kuningan)," kata Kepala Taman Nasional Gunung Ciremai, Kuswandono saat dikonfirmasi KompasTravel, Rabu (7/8) malam.

Menurut Kuswandono, penutupan jalur pendakian Gunung Ciremai dilakukan hingga waktu yang belum ditentukan. Pendaki bisa mendapatkan pengembalian biaya administrasi Surat Izin Masuk Kawasan Konservasi (Simaksi) bagi telah melakukan booking online.

"Bagi pendaki yang sudah melakukan booking online, dapat konfimasi kepada pengelola untuk dilakukan pengembalian dengan melampirkan bukti booking dan transfer," lanjut Kuswandono.

Sejumlah pendaki melintasi shelter pendakian Pos Cigowong Gunung Ciremai via jalur Palutungan, Kuningan, Jawa Barat, akhir Juli 2018.KOMPAS.com / WAHYU ADITYO PRODJO Sejumlah pendaki melintasi shelter pendakian Pos Cigowong Gunung Ciremai via jalur Palutungan, Kuningan, Jawa Barat, akhir Juli 2018.
Data dari Pusat Pengendalian Operasi Penanggulangan Bencana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (Pusdalops BPDB) Kuningan, Kepulan asap mulai terlihat pada hari Rabu tanggal 7 Agustus 2019 pukul 13.00 WIB dari wilayah Argalingga Kabupaten Majalengka.

BPBD Kuningan telah melakukan koordinasi dan pemantauan di Jalur Palutungan. BPBD Kuningan juga berupaya mengevakuasi semua pendaki yang ada di jalur pendakian baik jalur Apuy, Palutungan dan Linggarjati.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com