“Kamar Suci Bung Karno” di Hotel Tempat Berlangsungnya Kongres V PDI-P

Kompas.com - 08/08/2019, 13:53 WIB
Kamar yang pernah ditempati Bung Karno di Grand Inna Bali Beach, Sanur, Denpasar, Bali. Kompas.com/SHERLY PUSPITAKamar yang pernah ditempati Bung Karno di Grand Inna Bali Beach, Sanur, Denpasar, Bali.

KOMPAS.com – Tepat hari ini, Kamis (8/8/2019), Kongres V PDI-P mulai digelar di Hotel Grand Inna Bali Beach.

Hotel yang terletak di Denpasar Selatan tersebut merupakan salah satu hotel bersejarah di Bali. Hotel Grand Inna Bali Beach adalah hotel bintang 5 pertama di Bali yang diresmikan langsung oleh Presiden Pertama RI, Ir Soekarno, pada 1963.

Ada satu kamar yang pernah ditempati para kepala negara, yaitu Soekarno, Megawati, Susilo Bambang Yudhoyono, sampai Joko Widodo. Kamar tersebut terletak di lantai 7.

“Ini kamar yang pernah ditempati Bung Karno. Kondisinya masih mirip, hanya saja kamar ini sudah direnovasi karena hotel ini pernah terbakar pada 1993. Setelah direnovasi, Ibu Megawati, Bapak Soesilo Bambang Yudhoyono juga pernah menginap di sini. Kemudian Bapak Joko Widodo juga pernah singgah di kamar ini pada tahun 2017,” tutur salah satu petugas hotel kepada KompasTravel saat berkunjung ke Hotel Grand Inna Bali Beach beberapa waktu lalu.

Baca juga: Mengintip Kamar Bung Karno di Hotel Grand Inna Bali...

Kamar tersebut memiliki jendela besar yang menghadap langsung ke pantai. Patung Garuda Wisnu Kencana (GWK) tampak megah dari sini. Perabotan di ruangan tersebut terbuat dari kayu yang diukir. Selain kamar utama, di ruangan ini juga terdapat kamar-kamar lain yang berukuran lebih kecil, serta ruang pertemuan.

Ruang tamu kamar yang pernah ditempati Bung Karno di Grand Inna Bali Beach, Sanur, Denpasar, Bali.Kompas.com/SHERLY PUSPITA Ruang tamu kamar yang pernah ditempati Bung Karno di Grand Inna Bali Beach, Sanur, Denpasar, Bali.

Kamar Suci Bung Karno

Kamar yang disebut "kamar suci" bukanlah terletak di lantai 7. Hotel Grand Inna Bali Beach pernah mengalami kebakaran besar pada 1993. Api melahap hampir seluruh bangunan, kecuali satu buah kamar di lantai 3.

Kamar bernomor 317 tersebut tak terbakar sedikit pun. Menurut petugas hotel, kamar tersebut dulu kerap digunakan Soekarno untuk sembahyang. Kini kamar tersebut kerap disebut sebagai “Kamar Suci Bung Karno”.

Tiap hari Kamis, warga sekitar dan tamu hotel diperbolehkan “sowan” ke kamar ini. Kompas.com berkesempatan masuk ke kamar tersebut beberapa waktu lalu.

Halaman:
Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X