Pasca 2 Tahun Renovasi, Hotel Raffles Singapura Resmi Dibuka Kembali

Kompas.com - 08/08/2019, 15:07 WIB
Raffles Hotel Albert SupargoRaffles Hotel

JAKARTA, KOMPAS.com - Hotel Raffles yang bersejarah di Singapura resmi dibuka kembali untuk para tamu pada tanggal 1 Agustus 2019. Renovasi besar-besaran sempat membuat hotel ini benar-benar ditutup selama sekitar dua tahun.

Dilansir dari CNN Travel, Manager Umur Hotel Raffles Christian Westbeld menyatakan bahwa seluruh pekerja dari Hotel Raffles telah bekerja keras untuk mengkonsep pembukaan kembali hotel ini.

“Kami telah menangani renovasi ini dengan sangat serius dan kami telah mengerahkan banyak upaya dan waktu untuk itu. Hotel kini terasa lebih segar. Area tampak jauh lebih cerah, terlihat lebih ringan, lebih menarik dan lebih mengundang," sebutnya, Kamis (8/8/2019).

Pembaruan hotel ini dipimpin oleh Alexandra Champalimaud, pendiri perusahaan desain Champalimaud. Renovasi besar terakhir dilakukan pada tahun 1991, lebih dari satu abad usai hotel pertama kali dibuka pada 1887.

Lobby dari Raffles HotelAlbert Supargo Lobby dari Raffles Hotel

Tantangan paling berat adalah mempertahankan aura kolonial Hotel Raffles sembari menyuguhkan pengunjung dengan teknologi canggih yang pasti mereka harapkan di hotel mewah.

Sebagian besar renovasi tidak akan telihat oleh tamu. Namun, hal-hal teknis layaknya dapur dan pelayanan hotel mengalami perubahan besar-besaran dan bisa tamu rasakan segera saat mereka menginjak lobi.

Raffles kini menyuguhkan sembilan kategori Suite yaitu State Room Suites, Courtyard Suites, Palm Court Suites, Personality Suites, Residence Suites, Promenade Suites, Grand Hotel Suites and Presidential Suites.

Westbeld menyatakan kalau semua kamar akan terasa lebih nyaman, terlihat lebih menarik dan lebih kedap suara. Dalam renovasi ini, Suite Residence, Promenade, dan Studio ditambahkan sebagai bagian dari renovasi. Hal ini menambah jumlah suite dari dari 103 menjadi 115 suite.

Courtyard Suite, pilihan kamar baru dari Raffles HotelAlbert Supargo Courtyard Suite, pilihan kamar baru dari Raffles Hotel

Sekarang, semua tamu memiliki kepala pelayan sendiri untuk memenuhi segala kebutuhan, dari layanan dari bandara sampai spa di dalam kamar. Pelayan pribadi ini dapat dikontak via tablet yang ada di setiap kamar. Tamu juga dapat mengatur suhu ruangan atau menganti channel TV dari tablet ini.

Ruang Tiffin, restoran utama dalam Raffles HotelAlbert Supargo Ruang Tiffin, restoran utama dalam Raffles Hotel

Raffles juga memiliki restoran baru bernama Le Dame de Pic yang menjadi produk kolaborasi dengan Chef Anne-Sophie Pic dari restoran bintang tiga Michelin Maison Pic di Valence, Prancis. Aktivitas yang juga tidak boleh dilewatkan adalah afternoon tea di Grand Lobby. Selain teh, tamu juga bisa menyeruput champagne, sandwich, scone, dan kue-kue.

La Dame de Pic, restoran baru di Raffles HotelAlbert Supargo La Dame de Pic, restoran baru di Raffles Hotel

Bahkan Long Bar yang terkenal di Singapura telah diperbarui dan menampilkan motif kontemporer yang terinspirasi dari perkebunan.

Tapi wisata sejarah hotelnya tidak hilang pasca renovasi. Tamu masih bisa berjalan-jalan Wall of Fame, sebuah galeri yang membawa pengunjung ke masa lalu dengan gambar-gambar tamu terkenal seperti Elizabeth Taylor, Charlie Chaplin, Rudyard Kipling dan Ava Gardner sampai Ratu Elizabeth II yang pernah berkunjung pada tahun 1989.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber CNN Travel
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X