Share this page

Pantai Dodola, Pesona Laut Terbelah dari Maluku Utara

Kompas.com - 8/Aug/2019 , 22:27 WIB

Pantai Dodola, Pesona Laut Terbelah dari Maluku Utara

KOMPAS.com -  Pantai Dodola berada di Pulau Dodola yang terletak di Kabupaten Pulau Morotai, Maluku Utara. Destinasi ini sering disebut sebagai surga wisata di Timur Indonesia karena keindahannya yang mempesona dan terkenal mempunyai alam laut yang menawan.

Pulau Dodola terdiri dari dua bagian, Pulau Dodola Besar dan Pulau Dodola Kecil. Kedua pulau ini akan tersambung ketika air laut sedang surut dan membentuk jalan pasir yang unik.

Jalan pasir inilah yang menjadi tujuan utama para wisatawan yang datang untuk menikmati sensasi berjalan di tengah laut yang sedang terbelah.

Waktu terbaik

Pantai Dodola mempunyai pasir putih yang halus dan lembut. Ditambah dengan pemandangan lautnya yang jernih berwarna hijau kebiruan, akan membuat siapa pun betah berlama-lama berada di pantai ini.

Selain keindahan pantainya, destinasi ini juga menjadi tempat favorit untuk menikmati pemandangan bawah laut dengan snorkeling dan diving.

Ada 13 titik penyelaman di Dodola. Selain itu, terdapat juga beberapa kapal serta pesawat perang karam, yang bisa dijelajahi saat melakukan penyelaman. Hal ini dikarenakan Morotai pernah menjadi tempat peperangan antara Jepang dan Sekutu pada Perang Dunia II.

Pantai Dodola menyimpan pemandangan bawah laut yang masih asli dan mempesona. Kondisi terumbu karang yang asri dan tak terjamah, ditambah dengan ikan kecil berwarna-warni di dalamnya, akan membuat kegiatan menyelam menjadi sangat menyenangkan.

Kondisi Pantai Dodola yang masih alami dengan ombak yang cukup tenang, membuat pantai ini bisa digunakan untuk berendam maupun berenang santai di tepi pantai. Selain itu, wisatawan juga bisa menjelajahi pulau dengan berkeliling menggunakan kapal.

Berkunjung ke lokasi ini disarankan pada saat yang tepat, yaitu ketika lautan sedang surut. Selain itu, bawa perbekalan yang cukup karena Pantai Dodola berada di pulau yang tak berpenghuni. Perjalanan menuju pantai ini bisa ditempuh dengan menggunakan kapal cepat sekitar 20 menit dari Daruba.

Baca artikel lainnya:

3 Atraksi Memikat Halmahera di Festival Teluk Jailolo

Pulau Pogo-Pogo, Mutiara di Halmahera Selatan

Tifa, Identitas Suku-Suku Maluku dan Papua

Telusuri obyek wisata lain di Indonesia yang tak kalah menarik. Cari tahu lewat Pesona Indonesia.

 

KOMENTAR

Lihat Keajaiban Lainnya