Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mulai Rp 20.000, Ini 5 Tempat Makan Murah di Jepang

Kompas.com - 09/08/2019, 14:07 WIB
Silvita Agmasari,
Sri Anindiati Nursastri

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Nilai mata uang Yen yang lebih tinggi dari Rupiah membuat bujet wisata di Jepang terbilang tinggi. Pengaturan bujet wisata dapat dilakukan, begitu pula dengan pemilihan akomodasi, transportasi, destinasi, dan makanan.

Kabar gembiranya ada banyak alternatif pilihan berwisata di Jepang, tak terkecuali soal urusan perut. Di Jepang, beberapa lokasi ini terkenal sebagai tempat yang menjual makanan dengan harga murah. Selain jadi andalan wisatawan juga jadi andalan warga lokal. Berikut lima tempat makan murah di Jepang:

1. Restoran donburi

Donburi merupakan jenis makanan di Jepang berupa nasi putih dengan aneka lauk yang biasa ditaruh dengan wadah mangkuk. Di Jepang, restoran donburi memiliki banyak cabang dan terkenal memiliki harga makanan murah. Contoh merek restoran donburi adalah Yoshinoya, Sukiya, dan Matsuya.

Restoran donburi di Jepang diandalkan oleh banyak pekerja yang butuh penyajian makanan yang cepat dengan harga murah. Harga paket makanan mulai dari 290 Yen atau setara Rp 40.000.

2. Yatai

Yatai adalah gerobak makanan kaki lima di Jepan. Bentuknya sangat sederhana layaknya gerobak kayu, bahkan kadang tidak memiliki bangku. Orang-orang makan sambil berdiri. Makanan yang dijual di yatai sangat beragam, tetapi biasanya makanan hangat seperti ramen, oden (aneka camilan kuah), yakisoba (mie goreng), atau okonomiyaki.

Aturan utama bersantai di yatai adalah sehabis makan langsung beranjak, lantaran tempat duduknya sangat terbatas dan banyak orang mengantre ingin bersantap di yatai.

Bento diskon di minimarket Jepang. Dok. Insider Bento diskon di minimarket Jepang.

3. Supermarket dan minimarket waktu tertentu

Waktu terbaik untuk berkunjung ke minimarket Jepang adalah saat malam hari. Kebanyakan menawarkan makanan diskon dari 20-70 persen harga biasa. Sedangkan supermarket memberi diskon pada makanan seperti bento dan sushi mulai sore sampai waktu penutupan.

4. Kaitenzushi

Kaitenzushi ini adalah jenis restoran sushi siap saji dengan ciri memiliki sushi belt atau meja sushi dengan sabuk bergerak. Sushi di restoran kaitenzushi dijual per piring mulai 150 Yen atau setara Rp 20.000. Di sini juga menjadi tempat yang cocok bersantai bersama teman.

5. Restoran dengan tiket makanan

Jenis restoran ini memiliki mesin untuk memilih makanan yang ingin dibeli dan dibayar langsung lewat mesin. Ketika pembayaran sudah dilakukan, akan keluar tiket atau kertas pesanan. Kemudian tiket ini hanya perlu diberikan kepada staf restoran, makanan biasanya akan keluar dalam dua menit.

Jenis makanan yang dijual sangat beragam, mulai dari nasi kari, udon, ramen, atau donburi. Harga makanan di restoran ini umumnya juga murah karena jadi andalan para pekerja di Jepang. Harga mulai 500 yen atau setara Rp 65.000. Namun kendala biasanya ada pada bahasa. Banyak mesin yang hanya menggunakan Bahasa Jepang untuk menu makanan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com