Dari Halte Ke Halte, Rekomendasi Kuliner sampai Tempat Rekreasi di Ibu Kota

Kompas.com - 14/08/2019, 16:52 WIB
Akun Instagram @darihalte_kehalteINSTAGRAM/DARIHALTE_KEHALTE Akun Instagram @darihalte_kehalte

JAKARTA, KOMPAS.com – Dari sekian banyak platform rekomendasi kuliner, Dari Halte ke Halte tak bisa dipandang sebelah mata. Meski baru berbasis di media sosial, Dari Halte Ke Halte (DHKH) menjadi rujukan populer bagi warga ibu kota karena faktor kedekatan dan aksesibilitas.

Lewat akun Instagram @darihalte_kehalte dan akun Twitter @drhaltekehalte, HalteMin (sebutan untuk admin dua akun tersebut) berbagi rekomendasi seputar tempat makan, ngopi, nongkrong, rekreasi, olahraga, sampai kegiatan seni budaya yang dekat dengan halte atau stasiun transportasi umum.

Konten yang paling dijadikan rujukan warganet tentu saja seputar kuliner. Kepada KompasTravel, Rabu (14/8/2019), salah satu HalteMin yakni Bowo (39) mengatakan tidak ada batasan jenis makanan atau minuman yang dapat dimuat dalam linimasa DHKH.

“Asalkan semua tempat makan bisa diakses dengan berjalan kaki dari halte atau stasiun terdekat,” tuturnya.

Baca juga: Tempat Wisata di Sekitar Stasiun MRT Lebak Bulus dan Stasiun MRT Lainya

Tiap post diberikan keterangan layaknya bercerita dan obrolan antarteman. Soal makanan misalnya, HalteMin tak hanya menjelaskan seputar rasa dan harga, namun seringkali juga menjelaskan tentang kisah penjualnya.

Atas konsistensinya berbagi informasi, akun Instagram @darihalte_kehalte kini memiliki 29.000 pengikut, sedangkan Twitter memiliki 27.500 pengikut. Konten linimasa Instagram diperbaharui dua kali dalam seminggu, sementara untuk Instastory dan Twitter lebih sering dari itu.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 

Setiap orang pasti punya pempek favorit di Jakarta, yang selalu didatangi kalau mendadak ingin makanan khas Palembang. HalteMin juga punya beberapa tempat makan pempek favorit di berbagai penjuru Jakarta, tapi yang akan kami bahas kali ini adalah Pempek Eirin 10 Ulu. Untuk daerah Glodok dan sekitarnya, pempek yang satu ini sepertinya sudah paling “megang” soal rasa. Buat kami, enaknya pempek Eirin Ulu memang nendang sampe ulu hati, walau rasa cukonya agak kurang pedas, terutama buat lidah HalteMin yang terbuat dari baja. Dan teman makan pempek yang paling pas adalah kerupuk ikan yang banyak macamnya bergantungan memanggil-manggil minta dicomot dari dinding warung. Harganya juga nggak beda jauhlah sama warung-warung pempek enak lain di Jakarta, mulai dari Rp7K untuk pempek ukuran kecil sampai Rp18K untuk kapal selam besar. Otak-otaknya Rp5K sepotong. Lokasinya ada dua, yang pertama dan orisinal berjarak sekitar 600 meter dari Halte TransJakarta Glodok, setelah jembatan Jalan Pancoran, di sisi kiri jalan. Menempati bangunan yang sudah agak tua, rumah makan pempek ini harus diakui tidak terlalu bersih, terutama lantainya. Apalagi kami datang sudah menjelang Maghrib sehingga mungkin warungnya belum sempat disapu dan dipel. Pempek Eirin 10 Ulu baru buka satu warung yang keadaannya bertolak belakang dengan warung aslinya, sangat bersih dan rapi karena berada di Pancoran Chinatown Point. Letaknya sekitar 150 meter dari warung lamanya. HalTeman nggak mungkin nggak lihat gedung pertokoan baru yang paling kinclong di antara bangunan tua di sekitarnya. Selamat mencoba, dan kalau HalTeman punya rekomendasi warung pempek enak lain di daerah sekitar Glodok, tolong kasih tahu, ya. #darihaltekehalte #transjakarta @pt_transjakarta

A post shared by Dari Halte Ke Halte (@darihalte_kehalte) on Apr 23, 2019 at 1:34am PDT

Bermula dari artikel perjalanan

Kepada KompasTravel, Bowo bercerita bahwa munculnya DHKH berawal dari sebuah artikel di majalah perjalanan.

“Artikel tersebut berisi tentang tempat-tempat menarik di sekitar stasiun BTS Bangkok. Artikel tersebut sangat berguna dan jadi panduan ketika pergi ke Bangkok untuk pertama kalinya tahun 2007,” tutur Bowo.

Kemudian sejak 2018, di saat Bowo semakin sering menggunakan Transjakarta, ia menyadari bahwa alat transportasi tersebut sudah menjangkau pelosok-pelosok Jakarta.

Halaman:
Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
komentar di artikel lainnya
Close Ads X