KILAS

Traditional Dress Experience Tawarkan Sensasi Jadi Raja Melayu Sehari

Kompas.com - 15/08/2019, 11:00 WIB
peserta paket wisata Traditional Dress Experience di Pulau PenyengatDok. Kemenpar peserta paket wisata Traditional Dress Experience di Pulau Penyengat

KOMPAS.com – Ingin merasakan sensasi menjadi Bangsawan Melayu? Silakan bertandang ke Pulau Penyengat dan ambil paket Traditional Dress Experience.

Bukan hanya sekadar jalan-jalan, wisatawan pun bisa merasakan pengalaman hidup bak raja-raja. Sebab pada paket wisata tersebut disediakan Petragne atau singgasana.

Wisatawan pun diperbolehkan berfoto di singgasana yang terletak di Balai Adat Pulau Penyengat tersebut. Jumlahnya ada tiga, dengan posisi raja berada di tengah.

Sisi kanan adalah tempat duduk Datuk Bendahara, lalu sisi kiri diperuntukan bagi Temenggung. Selain Petragne, disediakan juga Ma’andam yang notabene pelaminan pernihakan khas Melayu.

Baca juga: 5 Destinasi Unggulan di Pulau Penyengat, Kepulauan Riau

Interpreter Traditional Dress Experience Pokdarwis Pulau Penyengat Heriawan Farihin memberikan penjelasannya terkait paket wisata yang sudah lulus Uji Trail Paket Wisata Budaya, Sabtu (27/8/2019) lalu.

Dikatakannya, Traditional Dress Experience dibuat untuk semakin mendekatkan wisatawan dengan budaya Melayu karena mereka bisa mencoba busana tersebut.

“Busana-busana tersebut pun sudah dimodifikasi, sehingga memudahkan para penggunanya,” jelas Heriawan lewat keterangan resminya, Kamis (15/8/2019).

Lebih lanjut ia menerangkan mengenai cara pemakaiannya. Nantinya, wisatawan lebih dulu memilih strata bangsawan yang diinginkan.

Baca juga: Kilas Balik Sejarah Melayu di Pulau Penyengat

Uniknya, kasta tersebut bisa dikenali mudah dari warna busanya. Misal kuning yang identik dengan raja Melayu, merah untuk panglima perang Melayu, dan hijau sebagai identitas bagi para temenggung.

Halaman:
Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
komentar di artikel lainnya
Close Ads X