Share this page

Dibuat Jatuh Cinta oleh Pesona Pantai Walakiri Sumba

Kompas.com - 16/Aug/2019 , 16:41 WIB

Dibuat Jatuh Cinta oleh Pesona Pantai Walakiri Sumba

KOMPAS.com - Sumba dikenal memiliki pantai-pantai yang indah. Kali ini, yuk, berkenalan dengan Pantai Walakiri, surga dunia dan tempat yang sangat cocok untuk menyaksikan matahari terbenam di Nusa Tenggara Timur. Dijamin, Sobat Pesona bisa dibuat jatuh cinta olehnya.

Pantai Walakiri memiliki pasir putih dan ombak cenderung tenang. Letaknya memang cukup jauh dari Kota Waingapu, yaitu sekitar 24 kilometer.

Untuk bisa ke sini, Sobat Pesona dapat menyewa motor atau mobil dari Waingapu karena memang masih sulit mencari transportasi umum.

Letaknya yang jauh dari kota justru membuat Pantai Walakiri semakin istimewa. Pantai ini memiliki hutan mangrove alias bakau yang unik.

Jika biasanya pohon bakau tinggi menjulang, di Pantai Walakiri ukurannya lebih mungil. Letaknya yang saling berjauhan justru membuat pohon bakau di Pantai Walakiri semakin menarik sekaligus membuat suasana terasa asri dan sejuk. Suasana di sini juga sungguh tenang.

Rasanya cocok untuk Sobat Pesona yang ingin relaksasi dan benar-benar menikmati indahnya Pantai Walakiri. Tempat tetirah yang benar-benar menyenangkan.

Satu hal yang unik di Pantai Walakiri adalah pasir yang putihnya. Ada dua jenis tekstur pesisir di sini yaitu antara pasir di tepi pantai dan pasir di area bekas laut yang surut.

Pasir di tepi pantai memiliki tekstur butiran berwarna putih gading, layaknya pasir di pantai pada umumnya. Sementara tekstur pasir yang ada di area bekas laut surut lebih halus, seperti semen atau bedak basah. Pasir ini lalu mengering dan mengeras. Uniknya, perbedaan kedua tekstur ini dapat dilihat dengan adanya garis batas yang jelas.

Kepopuleran Pantai Walakiri diawali karena tempat ini dijadikan lokasi syuting film oleh Mira Lesmana untuk film Pendekar Tongkat Emas. Lama kelamaan, semakin banyak wisatawan lokal dan mancanegara yang ingin melihat langsung keindahan dari Pantai Walakiri

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, banyak sekali wisatawan yang ke sini sengaja untuk menyaksikan sunset di Pantai Walakiri yang sungguh memesona. Selain sunset, beberapa wisatawan dan juga fotografer juga sering datang pagi-pagi buta untuk melihat matahari terbit yang juga terlihat dari sisi timur Pantai Walakiri.

Baca artikel lainnya:

3 Alasan Mesti Road Trip ke Flores, Wisata Kelas Dunia!

Pantai Kolbano, Surga Tersembunyi di Tanah Timor

4 Pantai Indah di Pesisir Selatan Banten, Bikin Malas Pulang

Telusuri cerita lain mengenai keindahan alam Indonesia lewat Pesona Indonesia.

KOMENTAR

Lihat Keajaiban Lainnya