Akhir Pekan, Yuk Napak Tilas ke 5 Tempat Bersejarah bagi Kemerdekaan RI

Kompas.com - 16/08/2019, 20:04 WIB
Rumah sejarah Djiauw Kie Siong di Kecamatan Rengasdengklok, Kabupaten Jawa Barat, Sabtu (19/8/2017). Rumah Djiauw Kie Siong merupakan tempat persinggahan Bung Karno dan Hatta saat dibawa oleh generasi muda pada 16 Agustus 2017. KOMPAS.com / WAHYU ADITYO PRODJORumah sejarah Djiauw Kie Siong di Kecamatan Rengasdengklok, Kabupaten Jawa Barat, Sabtu (19/8/2017). Rumah Djiauw Kie Siong merupakan tempat persinggahan Bung Karno dan Hatta saat dibawa oleh generasi muda pada 16 Agustus 2017.

JAKARTA, KOMPAS.com -  Napak tilas mengenang Kemerdekaan RI dapat dilakukan lewat kegiatan menyenangkan, yakni wisata sejarah. Apalagi Hari Ulang Tahun ini RI ke 74 jatuh pada Sabtu (17/8/2019). 

Akhir pekan ini merupakan saat yang pas untuk wisata sejarah mengenang detik-detik kemerdekaan Indonesia. KompasTravel merangkum 5 tempat wisata sejarah yang menjadi saksi bisu proklamasi Indonesia:

1. Rumah sejarah Djiauw Kie Siong

Rumah ini berada di daerah Rengasdengklok, sebuah kecamatan di Kabupaten Karawang, Jawa Barat. Rumah ini merupakan tempat singgah saat Soekarno dan Hatta pergi ke Rengasdengklok saat dibawa oleh generasi muda seperti Sukarni, Kartowirjo, dan kawan-kawan mudanya pada 16 Agustus 1945.

Di sini Kamu bisa melihat kamar tempat Ir Soekarno beristirahat saat di culik oleh generasi muda.

Jalan 100 meter dari tempat itu dan kamu akan menemui Tugu Kebulatan Tekad, dimana markas PETA dulunya berada.

Tugu Proklamasi dengan patung dua proklamator, Soekarno dan Mohammad Hatta, di Jalan Proklamasi, Jakarta. KOMPAS.com/TRI WAHYUNI Tugu Proklamasi dengan patung dua proklamator, Soekarno dan Mohammad Hatta, di Jalan Proklamasi, Jakarta.

2. Tugu Proklamasi

Tugu Proklamasi merupakan sebuah taman yang di dalamnya terdapat monumen dan tugu tentang Kemerdekaan Republik Indonesia. Pasalnya pada jaman dulu, tempat ini merupakan area bekas rumah Presiden Soekarno. Tugu ini beralamat di Jl. Proklamasi No.10, RT.10/RW.2, Pegangsaan, Kec. Menteng, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta.

Baca juga: Serunya Wisata Malam di Museum Perumusan Naskah Proklamasi

Di tempat ini jugalah para proklamator membacakan naskah proklamasi di depan rakyat. Disini, kamu bisa menemukan replika naskah proklamasi berukuran besar dan monumen terdiri dari patung Bung Karno dan Bung Hatta yang berdiri kokoh dengan latar belakang 17 pilar besar terbuat dari marmer.

Untuk memasuki taman ini Anda tidak dikenakan biaya. Taman ini buka sejak pukul 06.00 sampai 21.00.

Halaman:
Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X