Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS

Berikan Pidato Kenegaraan, Presiden Jokowi Kenakan Pakaian Adat Sasak

Kompas.com - 17/08/2019, 11:55 WIB
Anissa DW,
Mikhael Gewati

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Sebuah hal menarik mewarnai Sidang Bersama DPD RI dan DPR RI yang digelar di Ruang Rapat Paripurna, Gedung Nusantara MPR/DPR/DPD RI, Jakarta, Jumat, (16/8/2019).

Penyebabnya, Presiden Joko Widodo tampak mengenakan pakaian adat berwarna cokelat keemasansaat memberikan pidato kenegaraan.

Padahal saat pidato di Sidang Tahunan MPR, yang dilaksanakan pagi harinya, Presiden Jokowi mengenakan setelan jas berwarna biru dengan dasi merah.

Di awal pidatonya, Presiden Jokowi menyebutkan bahwa busana yang dia kenakan merupakan pakaian adat Sasak, Nusa Tenggara Barat.

Baca juga: Upacara HUT ke-74 RI di Istana, Presiden Jokowi Pakai Baju Adat Bali

“Tadi banyak yang nanya, saya pakai baju apa? Nunas nurge tiang matur ini pakaian adat Sasak, Nusa Tenggara Barat. Dari Bumi Sasak Berembe kabar, pelungguh de senamean?” ucapnya dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com (17/8/2019).

Lebih lanjut, dalam pidatonya, Presiden Jokowi mengajak seluruh rakyat untuk meneguhkan semangat para pendiri bangsa Indonesia. Sebab, menurutnya, Indonesia itu bukan hanya Jakarta atau Pulau Jawa saja.

Indonesia, imbuhnya, adalah seluruh pelosok tanah air, dari Sabang sampai Merauke, dari Miangas sampai Pulau Rote.

“Karena itulah pembangunan yang kami lakukan harus terus Indonesiasentris, yang dapat dinikmati oleh seluruh lapisan masyarakat di seluruh pelosok Nusantara,” ujarnya.

Baca juga: Jokowi: Keutuhan NKRI Segala-galanya, Jangan Sampai Dikorbankan

Momen dirinya mengenakan pakaian adat Sasak tersebut juga diunggah Presiden Jokowi lewat akun Instagram pribadinya, @jokowi. Dalam foto tersebut, Jokowi tampak berfoto bersama Ibu Negara Iriana, yang mengenakan kain dan selendang batik.

“Indonesia sungguh kaya akan adat istiadat, bahasa, sampai ragam busananya. Serasi, bukan?” tulis Presiden Jokowi dalam keterangan unggahan foto tersebut.

Untuk diketahui, Presiden Jokowi memang sering menggunakan busana adat ketika memberikan pidato kenegaraan. Contohnya, Presiden Jokowi mengenakan pakaian adat Bali saat berpidato di Kongres V PDI Perjuangan pada Kamis, (8/8/2019) lalu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com