17 Makanan Khas Nusantara yang Identik dengan 17 Agustus

Kompas.com - 17/08/2019, 18:06 WIB
Beragam kuliner Indonesia dapat dijadikan santapan istimewa di Hari Kemerdekaan RI. Kompas.com/Lusia Kus AnnaBeragam kuliner Indonesia dapat dijadikan santapan istimewa di Hari Kemerdekaan RI.

JAKARTA, KOMPAS.com - Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang jatuh pada tanggal 17 Agustus merupakan hari spesial bagi masyarakat Indonesia.

Berbagai kegiatan dilakukan masyarakat untuk memperingati Hari Kemerdekaan ini sebagai makna menghormati perjuangan yang telah dicapai para pahlawan. Salah satunya adalah perlombaan yang diikuti oleh semua umur, mulai dari balita hingga lansia.

Baca juga: 20 Restoran dan Kafe yang Beri Promo 17 Agustus

Selain kegiatan perlombaan, masyarakat tidak jarang mengadakan acara makan-makan dengan menyajikan makanan khas daerah mereka.

Berikut 17 kuliner khas Indonesia yang identik dengan peringatan Hari Kemerdekaan di berbagai daerah:

Nasi Tumpeng Kuning biasa selalu disajikan setiap ada perayaan. KOMPAS.com / NI PUTU DINANTY Nasi Tumpeng Kuning biasa selalu disajikan setiap ada perayaan.

1. Nasi Tumpeng Kuning

Kuliner ini sudah tidak asing bagi masyarakat karena selalu menjadi primadona dalam sebuah perayaan besar. Makna dari nasi tumpeng kuning ini adalah sebagai ucapan rasa syukur setelah mencapai sesuatu.

Nasi kuning yang mempunyai bentuk kerucut dan menjulang tinggi seperti gunung ini disajikan bersamaan dengan berbagai macam lauk pauk di sebuah nampan. Lauk pauk tersebut diantaranya adalah potongan ayam goreng atau suwiran ayam, tempe, perkedel, sambal goreng, hingga telur dadar.

Nasi Tutug Oncom Puyuh.KOMPAS/YUNIADHI AGUNG Nasi Tutug Oncom Puyuh.

2. Nasi Tutug Oncom

Nasi Tutug Oncom identik nasi dengan aroma khasnya. Diolah dengan cara diaduk dengan oncom hitam, bawang putih, kencur dan cabai. Kuliner khas Sunda ini sudah sering disajikan untuk peryaan pesta, termasuk perayaan Hari Kemerdekaan RI.

Kue Bandros adalah kue tradisonal khas Jawa Barat dan sering dijumpai saat peringatan 17 Agustus.KOMPAS.com / NI PUTU DINANTY Kue Bandros adalah kue tradisonal khas Jawa Barat dan sering dijumpai saat peringatan 17 Agustus.

3. Bandros

Bandros merupakan kuliner yang terbuat dari campuran tepung beras, kelapa parut dan santan. Biasanya dihidangkan dengan taburan gula pasir dan cocok dinikmati dengan teh atau kopi.

Banyak pedagang menjual kue yang berbentuk melengkung dengan ketebalan 2 cm ini dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan RI. Biasanya sering ditemukan di sekeliling kompleks perumahan dan pusat keramaian atau pusat perbelanjaan.

Nasi Tumpeng Merah Putih merupakan perpaduan antara nasi merah dan nasi putih yang dibentuk menjadi tumpeng melambangkan warna bendera Indonesia. KOMPAS.com / NI PUTU DINANTY Nasi Tumpeng Merah Putih merupakan perpaduan antara nasi merah dan nasi putih yang dibentuk menjadi tumpeng melambangkan warna bendera Indonesia.

4. Nasi Tumpeng Merah Putih

Nasi tumpeng merah putih tidak jauh berbeda dengan nasi tumpeng kuning. Perbedaannya hanya warna dan jenis nasi yang digunakan.

Kuliner ini menggunakan nasi merah dari beras merah yang ditempatkan di atas nasi putih. Hal ini menggambarkan bendera Indonesia yang berwarna merah dan putih.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X