Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pilihan Makanan Halal di Eropa, dari London sampai Amsterdam

Kompas.com - 20/08/2019, 12:11 WIB
Silvita Agmasari,
Sri Anindiati Nursastri

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Negara-negara di Eropa jadi salah satu destinasi favorit wisatawan dunia. Permasalahannya untuk mencari makanan halal di negara seperti Inggris, Perancis, Austria, Italia, dan Belanda bukan hal yang mudah.

Platform perjalanan Agoda merangkum restoran yang menyediakan makanan halal di lima ibu kota besar negara-negara Eropa. Selain itu juga ada rekomendasi wisata kota yang dapat dilakukan di sekitar restoran seperti yang dirangkum dari siaran pers Agoda, Senin (19/8/2019) berikut ini:

1. London, Inggris

London tidak hanya terkenal akan seni dan galerinya, tetapi juga situs-situs wisatanya yang ternama dan bersejarah, misalnya Istana Buckingham dan Gedung Parlemen.

Dengan lebih dari satu juta Muslim yang bermukim di London, kota ini bisa jadi merupakan kota paling ramah bagi umat Islam di Eropa. Makanan halal dapat ditemukan di hampir setiap sudut jalanan dan dari setiap bagian dunia Muslim, termasuk masakan Pakistan, India, Arab, dan Afrika.

Baca juga: Taksi Wonderful Indonesia Ramaikan Jalanan Kota London

Pilihan restorannya termasuk Liman Restaurant yang terkenal dengan masakan Arabnya, Stax Diner di Carnaby Street yang menawarkan burger dan wafel halal ala Amerika, dan Pie Republic untuk mencoba versi halal dari pai Inggris yang tersohor itu.

2. Wina, Austria

Wina dianggap sebagai salah satu kota paling layak huni di dunia. Dengan warisan musik klasik yang telah berlangsung selama ratusan tahun, Wina menawarkan beragam atraksi dan aktivitas untuk seluruh keluarga.

Ada banyak taman-taman yang indah, kebun binatang tertua di dunia, tempat-tempat belanja terbaik, konser klasik, masjid-masjid yang menawan, serta pilihan makanan halal yang lezat mulai dari santapan kasual hingga hidangan mewah.

Pertimbangkan Turkis Oriental Food dan Daily Imbiss sebagai tempat bersantap makanan halal di Wina.

Ilustrasi pizzaScott Bauer/Wikipedia Ilustrasi pizza

3. Roma, Italia

Kota yang terkenal dengan artefak kuno dan monumen bersejarah yang berusia ratusan tahun. Roma layak dikunjungi setidaknya sekali seumur hidup. Mulai dari Colosseum yang menakjubkan hingga The Roman Forum, dari Air Mancur Trevi hingga Museum Vatikan, terdapat arsitektur dan seni yang menawan di setiap tempat.

Baca juga: 4 Destinasi Wisata Wajib Dikunjungi di Italia Selain Roma

Roma juga menawarkan berbagai macam restoran halal atau makanan yang tidak mengandung babi. Lantaran kuliner di Italia sangat variatif, terutama dari segi bahan. Jangan lupakan camilan lezat seperti gelato Italia yang terkenal!

Kunjungilah toko gelato halal yang sepenuhnya menggunakan bahan-bahan alami yakni Frigidarium untuk menikmati beragam rasa gelato.

4. Paris, Perancis

Sebagai rumah bagi Menara Eiffel, Paris adalah lokasi yang sempurna untuk menghabiskan waktu liburan bersama keluarga atau teman. Ada begitu banyak hal untuk dilihat, dinikmati, dan dicicipi.

Menjelajahi jalan-jalan yang menawan, mengunjungi museum seperti Louvre atau Sacre-Ceour Basilica yang terkenal dengan arsitekturnya yang memukau, dan menemukan kue-kue pastri paling enak.

Louvre Pyramid, Paris Louvre Pyramid, Paris

Paris memiliki komunitas Muslim yang mapan sehingga tidak mengherankan jika kota ini menawarkan lebih dari 100 restoran halal, mulai dari hidangan mewah hingga take away sederhana. Dua restoran halal yang sangat ramah dan patut dikunjungi adalah Kashmir House yang menyajikan masakan Pakistan yang lezat, dan Sizin untuk mencicipi hidangan Turki.

5. Amsterdam, Belanda

Amsterdam adalah kota terbaik untuk berjalan kaki, bersepeda, dan berperahu di sepanjang kanal. Kota ini merupakan perpaduan dari bangunan bersejarah dan arsitektur kontemporer. Amsterdam juga merupakan rumah bagi komunitas Muslim yang besar, mengingat Islam adalah agama kedua di negara ini sehingga mencari tempat makan yang halal terbilang mudah.

Baca juga: Emirates Promo Tiket ke Eropa, Jakarta-Amsterdam PP Rp 11,2 Juta

Grillroom Shoarma dan Bazaar Amsterdam menawarkan beragam pilihan makanan halal yang lezat.

Aktivitas wisata yang dapat dilakukan di Amsterdam mulai dari menyusuri kanal dengan perahu di malam hari hingga mengunjungi Museum Van Gogh.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com