10 Rute Penerbangan Pesawat Paling Menguntungkan di Dunia

Kompas.com - 20/08/2019, 20:05 WIB
Bandara Heathrow, London. GettyBandara Heathrow, London.

JAKARTA, KOMPAS.com - Perusahaan intelijen perjalanan udara yang berbasis di Inggris, OAG, merilis daftar rute penerbangan pesawat komrsial paling menguntungkan di dunia.

Daftar ini didapat berdasarkan perhitungan pendapatan maskapai selama Maret 2018 sampai Maret 2019.

Dengan kata lain tingkat keterisian kursi penumpang juga menjadi detail yang diperhatikan dalam penilaian ini.

"Untuk setiap maskapai, ada beberapa pilihan rute yang menguntungkan. Rute ini memiliki keunggulan dari segi kompetisi terbatas, keuntungan kompetitif, keadaan pasar yang menghasilkan pendapatan sangat menarik," kata penganalisis John Grant dilansir dari situs Traveller.

Baca juga: Terbang Via Kualanamu, Nikmati Fasilitas Bioskop Mininya!

OAG juga menyimpulkan bahwa daftar rute penerbangan paling menguntungkan ini sebenarnya tidak banyak berubah dari daftar tahun-tahun sebelumnya.

Grant menyebutkan untuk beberapa tahun ke depan, juga diprediksi tidak ada perubahan yang berarti dari daftar rute penerbangan paling menguntungkan.

"Rute-rute ini adalah rute yang 'dilindungi' (oleh maskapai) dengan segala cara," kata Grant.

Kesimpulan lainnya adalah rute penerbangan paling sibuk di dunia, tidak otomatis menjadi rute penerbangan paling mengutungkan di dunia.

Sebab pada 2018, rute penerbangan paling sibuk di dunia adalah Bandara Seoul Gimpo ke Bandara Jeju di Korea Selatan. Dalam satu tahun rute ini dilewati 76.460 penerbangan.

Antrean imigrasi di Bandara John F Kennedy, New Yorkshanghaiist Antrean imigrasi di Bandara John F Kennedy, New York

Sedangkan rute penerbangan yang paling tidak menguntungkan di dunia, Bandara John F. Kennedy, (New York, AS) - Bandara Heatrow (London) hanya dilewati sekitar 14.000 penerbangan.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X