Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tanah Abang, Pusat Oleh-Oleh Haji di Jabodetabek

Kompas.com - 21/08/2019, 22:00 WIB
Albert Supargo,
Wahyu Adityo Prodjo

Tim Redaksi

 

JAKARTA, KOMPAS.com - Pasar Tanah Abang memang salah satu tempat wisata belanja masyarakat ibukota. Namun, selain terkenal dengan prodak tekstilnya, tempat ini juga terkenal dengan pusat oleh-oleh Haji di Jabodetabek. Saat musim haji, warga akan berbondong-bondong memburu oleh-oleh Haji khas Tanah Suci.

“Awalnya, para jamaah sering ngeluh perihal oleh-oleh itu ganggu kekhusyukan doa di Tanah Suci. Gara-gara itulah para pedagang mulai memanfaatkan peluang itu buat jualan oleh-oleh impor dari Tanah Suci,” sebut Ali yang mengaku sudah belasan tahun berjualan di Tanah Abang kepada KompasTravel, Rabu (21/8).

Ia juga menyatakan bahwa hal ini tidak semata-mata untuk bisnis, tetapi menguntungkan kedua belah pihak.

Baca juga: Cerita soal Kurma, dari Oleh-oleh Haji sampai Suguhan Raja...

“Sekarang jamaah yang mau bawa oleh- oleh udah gak usah capek lagi bawa dari sana (Mekkah). Jamaah yang udah tua gimana? Belum bawanya berat, biayanya mahal. Adanya pusat oleh-oleh ini juga memberi peluang buat mereka yang mau cicip makanan khas Tanah Suci, tapi belum kesampean kesana,” ujar Ali diwawancarai oleh KompasTravel, Rabu (21/8/2019).

Ia juga menyatakan, Tanah Abang memang sudah lama mejadi pusat pembelian pernah-pernik khas Tanah Suci.

“Pedagang di sini ramai. Ada yang udah 20 tahun jualan, ada yang baru beberapa tahun. Ada juga yang udah jualan dari tahun 90an tapi ramenya dari awal tahun 2000,” ujar Ali.

Jumlah toko oleh-oleh ini bisa mudah ditemui. Dari penelusuran KompasTravel, di Blok A Pasar Tanah Abang, terdapat dua toko penjual oleh-oleh haji. Di Blok F ada lebih dari 10 toko penjual oleh-oleh khas yang biasa diburu jamaah haji.

Hal ini dikonfirmasi oleh Dian selaku pekerja disalah satu toko oleh-oleh.

“Di blok F aja ada 10 toko lebih, lokasinya mengitqri blok F, di setiap pintu masuk pasti ada toko oleh-oleh Haji. Setau saya, di blok A ada 2 dan di Blok B ada 3. Paling banyak di Blok F” sebut Dian diwawancarai oleh KompasTravel, Rabu (21/8/2019).

Di Tanah Abang, kamu bisa menemukan cemilan impor khas Tanah Suci, seperti kurma, kismis, kacang Arab, kacang Pistacio dan masih banyak lagi.

Cemilan khas Tanah Suci yang bisa kamu temukan di Tanah AbangAlbert Supargo Cemilan khas Tanah Suci yang bisa kamu temukan di Tanah Abang

Untuk pernak-pernik, kamu bisa menemukan minyak zaitun, Henna, Peci dari Turki, Tasbih, parfum dari Arab, Sajadah khas Turki dan masih banyak lagi.

Baca juga: Belanja Oleh-oleh Haji di Tanah Abang, Cermati 3 Hal Ini
“Untuk harga bervariatif di Tanah Abang. Mungkin produk yang sama di toko lain harganya beda, ada yang sama. Pinter-pinter nyari aja. Kalo di toko saya harga menengah tapi kualitas dijamin,” sebut Dian.

Selain di Pasar Tanah Abang, kamu juga bisa pergi ke Jalan K.H. Mas Mansyur untuk berburu oleh-oleh Haji. Di sini, kamu bisa menemui banyak toko yang menjual oleh-oleh Haji.

Salah satu toko oleh-oleh Haji di Jalan K.H. Mas MansyurAlbert Supargo Salah satu toko oleh-oleh Haji di Jalan K.H. Mas Mansyur

”Kalau musim Haji sekitaran jalan sini banyak yang jualan di pinggir jalan. Musiman emang, ntar kalau musim Haji udah kelar mah gak ada lagi,” ujar Ahmad Husen, salah satu ojek online yang biasa mangkal di Jalan K.H Mas Mansyur.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com