Tips Memotret Candi Borobudur dari Jarak 5.000 Meter

Kompas.com - 22/08/2019, 10:10 WIB
Candi Borobudur dilihat dari Puncak Surloyo, Kulon Progo, DIY dari jarak sekitar 4,96 kilometer. KOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYACandi Borobudur dilihat dari Puncak Surloyo, Kulon Progo, DIY dari jarak sekitar 4,96 kilometer.

KULON PROGO, KOMPAS.comPuncak Suroloyo di Yogyakarta menjadi salah satu titik tertinggi Pegunungan Menoreh. Salah satu keunikan di sana adalah Candi Borobudur yang turut terlihat dari jarak sekitar 4,96 kilometer.

Selain jauh, Puncak Suroloyo juga berada di kitinggian sekitar 1.019 meter di atas permukaan laut.

Baca juga: Puncak Suroloyo, Tempat Melihat Megahnya Candi Borobudur

Oleh karena itu, Candi Borobudur yang megah itu akan tampak cukup kecil dari Puncak Suroloyo.

Meski demikian, Candi Borobudur tetap bisa dijepret dari Puncak Suroloyo. Berikut ini adalah 4 tips untuk bisa melakukannya:

1. Datang saat cuaca cerah, terutama di musim kemarau

Cuaca menjadi salah satu faktor yang menentukan keberhasilan saat mengabadikan Candi Borobudur melalui lensa kamera di Puncak Suroloyo.

Samudera kabut di Puncak Suroloyo, Perbukitan MenorehKompas.com/Anggara Wikan Prasetya Samudera kabut di Puncak Suroloyo, Perbukitan Menoreh

Jika kondisi sedang berkabut tebal, hal itu membuat Candi Borobudur tidak bisa dijepret. Jangankan difoto, menemukan candi Buddha itu pun mustahil untuk dilakukan saat kabut tebal.

Oleh karena itu, lebih baik jika kunjungan ke Puncak Suroloyo dilakukan saat cuaca cerah. Kondisi itu lebih besar kemungkinannya untuk terjadi ketika musim kemarau.

2. Bawa lensa zoom

Jika cuaca cerah, Candi Borobudur akan lebih mudah untuk ditemukan. Meski demikian, salah satu keajaiban dunia itu tampak cukup kecil sehingga butuh kecermatan untuk menemukannya.

Jarak Puncak Suroloyo dan Candi Borobudur.KOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYA Jarak Puncak Suroloyo dan Candi Borobudur.

Setelah berhasil ditemukan, saatnya memotret. Karena terlihat cukup kecil, Candi Borobudur tidak bisa diabadikan melalui kamera smartphone atau lensa kit biasa.

Dibutuhkan perangkat yang memadai untuk bisa memotretnya. Perangkat itu adalah lensa zoom dengan panjang fokal setidaknya 250 mm.

Baca juga: Puncak Suroloyo, Indahnya Senja di Atap Pegunungan Menoreh

Dengan lensa itu, Candi Borobudur bisa diperbesar sehingga kemegahannya biasa dijepret.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X